Kamis, 15 Nopember 2018

Ada Kemungkinan Pelanggaran Kampanye

Reses Anggota Dewan akan Diawasi

Selasa, 16 Oktober 2018 07:29:23 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Reses Anggota Dewan akan Diawasi

Surabaya (beritajatim.com) - Bawaslu memastikan jika pelaksanaan reses yang akan dilakukan oleh para anggota DPR akan mendapatkan pengawasan secara ketat. Hal itu untuk menanggulangi adanya kampanye dengan menggunakan dana APBD.

"Dalam pertemuan dengan para anggota DPRD, saya sampaikan itu. Saya meminta tak digabungkan antara reses dengan giat kampanye," kata Ketua Bawaslu Kota Surabaya Hadi Margo.

Bentuk pelanggaran kampanye yang kemungkinan terjadi ketika masa reses, menurut Hadi adalah ketika adanya ajakan untuk memilih. "Lalu juga ada pembagian brosur, lalu pemaparan visi dan misi. Itu juga pelanggaran," jelasnya.

"Namun, jika dalam forum itu hanya berbicara masalah aspirasi masyarakat, kemudian program yang belum terealisasi maka tidak termasuk kategori kampanye," tambah Hadi.

Di sisi lain, dalam peraturan yang ada menurut Hadi sesungguhnya tidak terdapat keharusan bagi Anggota Dewan untuk melaporkan kegiatan reses kepada Bawaslu. "Namun, Bawaslu akan proaktif mendatangi kegiatan reses, karena kekhawatiran adanya kegiatan kampanye," pungkasnya. [ifw/suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>