Minggu, 18 Nopember 2018

Ilmuwan Maroko Puji Indonesia sebagai Negara Damai

Minggu, 14 Oktober 2018 11:48:42 WIB
Reporter : Ribut Wijoto
Ilmuwan Maroko Puji Indonesia sebagai Negara Damai

Jakarta (beritajatim.com) - Guru Besar Universitas Ibnu Thufail Maroko Mariam Ait Ahmed mengaku sering menyampaikan di berbagai forum internasional bahwa Indonesia merupakan negara yang dapat menjadi contoh dalam penerapan dialog antarumat beragama.

"Kalau kalian ingin melihat contoh aplikasi dialog antarumat beragama itu diterapkan, silakan datang ke Indonesia," kata Maryam pada Dialog Peradaban Lintas Agama di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Sabtu (13/10).

Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang mempunyai prinsip membangun perdamaian. Jadi, siapa pun yang ingin masuk ke Indonesaia akan merasakan kedamaian dan kenyamanan.

"Saya merasa tenang di Indonesia karena di Indonesia, Islam disebarkan dengan cara moderat," jelas perempuan yang telah mengunjungi Indonesia sejak 10 tahun yang lalu itu.

Ia tidak memungkiri bahwa Indonesia sejak masa penjajahan mengalami banyak tekanan dan berpotensi terjadi perpecahan, namun keberadaan ulama-ulama di Indonesia, seperti Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari yang selalu mengajarkan pemahaman agama yang moderat, membuat Indonesia tetap bertahan dan bersatu.

Ia mengatakan, Islam pada hakikatnya agama kasih sayang dan perdamian, namun wajah tersebut sering berubah karena kepentingan-kepentingan politik oleh kelompok tertentu.

Di era demokrasi, sambungnya, perbedaan politik merupakan sebuah hal yang wajar, tetapi jangan sampai menjadikan agama sebagai komoditas politik.

"Kita menghormati itu semua karena perbedaan politik, tapi jangan sampai perbedaan politik memanfaatkan agama untuk alat jualan, untuk memberikan mendukung kelompok tertentu dan sambil menyalahkan kelompok lain," ucapnya. [but]

Sumber: nu.or.id

Tag : nu

Komentar

?>