Senin, 17 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

DLH Pangkas Pohon Penghijauan, Ini Alasannya..

Jum'at, 12 Oktober 2018 17:18:46 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
DLH Pangkas Pohon Penghijauan, Ini Alasannya..

Bojonegoro (beritajatim.com) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro melakukan pemangkasan pohon penghijauan jalan.

Pemangkasan sengaja dilakukan saat musim kemarau. Pohon perindang jalan yang dipangkasi jenis angsana. Alasannya, hal itu bisa membuat pohon semakin rindang.

Kepala DLH Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah mengatakan, waktu pemangkasan yang paling tepat memang saat musim kemarau. Sebab, batang yang tersisa akan tumbuh lebih lebat. Selian itu, juga untuk mengantisipasi pohon tumbang saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

Saat peralihan musim, biasanya sering terjadi angin kencang sehingga rawan roboh. Pemotongan dilakukan dengan sistem batang pertama. Beberapa batang pohon yang menjulur itu dipangkas dan dibungkus plastik. "Akan lebih cepat bersemi lagi saat musim kemarau," ujarnya, Jumat (12/10/2018).

Beberapa pohon perindang jalan yang sudah dipangkasi diantaranya di kawan Alun-alun Kota Bojonegoro, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Hasyim Ashari, Jalan Kartini, dan di Jalan Teuku Umar. Pohon yang dipangkas memang kondisinya sudah rindang. "Pemotongan ini juga untuk peremajaan pohon," pungkasnya.

Pemangkasan ini namun banyak dikeluhkan. Seperti misalnya di jalan seputar Alun-alun. Biasanya, saat sore hari di bawah pohon perindang jalan itu banyak digunakan berjualan oleh para pedagang kaki lima. "Tidak tahu kalau pemangkasan itu agar lebih rindang. Tapi kondisinya sekarang tambah panas," ungkap salah seorang pengguna jalan, Widodo. [lus/ted]

Komentar

?>