Selasa, 18 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Demi Pemilih Pemula, KPU Pamekasan Buka Posko GMHP

Kamis, 11 Oktober 2018 17:54:24 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Demi Pemilih Pemula, KPU Pamekasan Buka Posko GMHP
Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah

Pamekasan (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan membuka Posko Layanan Pemilih sebagai Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang disebar di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

"Program ini sebagai bentuk layanan dari kami, khusus kepada mereka yang belum terdaftar sebagai pemilih atau pemilih pemula. Dalam artian saat pencoklitan atau pendataan belum berumur 17 tahun atau belum kawin," kata Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah, Kamis (11/10/2018).

Hal itu berlaku bagi para calon pemilih yang belum tercover dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan dalam rapat pleno KPU Pamekasan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Hotel Odaita Jl Raya Sumenep, Kamis (13/9/2018) lalu.

Khususnya para calon pemilih yang belum mencukupi umur hingga pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden yang akan digelar serentak, Rabu (17/4/2019) mendatang. "Jadi setelah mencapai umur 17 tahun atau sudah menikah, tentunya wajib melindungi mereka agar bisa memberikan hak pilihnya," ungkapnya

"Dengan program ini tentu kami berharap para pemilih pemula tidak kehilangan hak pilihnya pada momentum pesta demokrasi, sekaligus bisa menyalurkan hak pilih mereka sebagai warga negara," sambung pria yang akrab disapa Hamzah.

Tidak hanya itu, program tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya menyisir error aplikasi atau kegandaan untuk dilakukan pencematan di internal instansi yang dipimpinnya. "Dalam hal ini warga juga diwajibkan pro aktif melaporkan calon pemilih yang belum terdaftar, termasuk saat ada kegandaan data pemilih," jelasnya.

"Program Posko Layanan atau GPHP ini disebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, sementara durasi waktu (posko layanan) digelar sekitar sebulan kedepan. Terhitung mulai tanggal 1 hingga 28 Oktober 2018 mendatang," pungkasnya.

Untuk diketahui, tercatat sebanyak 690.880 warga pamekasan tercover dalam DPT Pemilu 2019 mendatang. Jumlah tersebut tersebar di 189 desa/kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan, terdiri dari 334.058 pemilih laki-laki dan sebanyak 356.822 pemilih perempuan yang akan menggunakan hak pilihnya di 3.133 Tempat Pemungutan Suara (TPS). [pin/but]

Tag : pemilu

Komentar

?>