Minggu, 21 Oktober 2018

Wartawan dari Bali Studi Banding ke Sidoarjo

Kamis, 11 Oktober 2018 17:33:34 WIB
Reporter : M. Ismail
Wartawan dari Bali Studi Banding ke Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Sebanyak 25 orang yang terdiri dari wartawan, bagian humas dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Karanganyar Bali berkunjung ke kantor Pemkab Sidoarjo (Pemkab).

Kunjungan tersebut dalam rangka studi komparatif membangun hubungan kemitraan antara pemerintah kabupaten dengan wartawan, Kamis (11/10/2018), ruang Delta Karya kantor Pemkab Sidoarjo.

Rombongan yang dipimpin Asisten Administrasi Umum Setda Kab Karangasem I Wayan Purna didampingi Plt Kepala Dinas Kominfo Priagung Duarsa dan Kepala Bagian Humas dan Protokol I Gede Waskita Suta Dewa diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Sidoarjo Setyo Winarno.

I Wayan Purna datang bersama dengan 14 wartawan dari berbagai media massa yang meliput di Kab Karanganyar. Ia berharap kunjungan ini bisa menambah pengalaman baru dari Kabupaten Sidoarjo.

"Harapan kami, hasil dari Kabupaten Sidoarjo bisa semakin meningkatkan dalam membangun kemitraan antara Pemkab Karangasem dengan media serta menambah pengalaman di bagian kehumasan dalam tugas peliputan dan pembuatan release," harap I Wayan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Sidoarjo Evi Rupitasari menyampaiakan pengalamannya selama kurun waktu 10 tahun berkecimpung dengan media. Yang dilakukan dinas Kominfo Sidoarjo mulai dari pendataan media yang bertugas meliput,membuat release berita dan jumpa pers.

Setiap hari Dinas Kominfo Sidoarjo akan selalu update dalam menginformasikan kegiatan kepala daerah kepada wartawan lewat grup whatsapp, menjalin kemitraan melalui advetorial hingga memberikan pembinaan dan kegiatan peningkatan jurnalistik kepada wartawan.

"Selain itu, wartawan yang bertugas di wilayah Sidoarjo wajib menyerahkan surat tugas ke Dinas Kominfo. Pemkab Sidoarjo juga menyediakan fasilitas media center yang biasa dipakai rekan-rekan wartawan mengirim berita," kata Evi.

Masih menurut Evi, setiap hari pemberitaan yang berkaitan dengan Kabupaten Sidoarjo dikliping kemudian dikirim ke tiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

"Saat ini kliping sudah berupa file dan dikirim lewat email atau whatsapp. Sebelumnya kliping masih menggunakan manual kertas,” ungkap Evi. [isa/but]

Komentar

?>