Selasa, 23 Oktober 2018

BKD Malang Optimis Kuota 830 CPNS Terpenuhi

Rabu, 03 Oktober 2018 18:09:33 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
BKD Malang Optimis Kuota 830 CPNS Terpenuhi

Malang (beritajatim.com) - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, optimis peminat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ditargetkan Pemkab Malang sebanyak 830 orang akan terpenuhi.

Apalagi, informasi adanya perubahan terkait lulusan sekolah kesehatan swasta yang belum terakreditasi, bisa ikut seleksi atau mendaftarkan diri. Hal itu setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemanpan RB), merubah klausal aturan no. 36/2018 tentang kreteria syarat menjadi calom pegawai negeri sipil (CPNS) dengan Surat Edaran Menpan RB tertanggal 2 Oktober 2018 dengan nomor surat no: B/480/M.SM.01.00/2018.

Menurut Nurman Ramdansyah, dengan adanya surat edaran perubahan tersebut, pihaknya juga merasa kebingungan karena harus membuat dan menyebarkan edaran. "Adanya SE tersebut otomatis merubah regulasi, dimana sebelumnya para lulusan lembaga pendidikan kesehatan yang belum terakreditasi tidak bisa ikut dalam tes CPNS, dengan SE tersebut sekarang mereka bisa ikut tes CPNS," ungkapnya, Rabu (3/10/2018).

Kata Nurman, sebelumnya hanya lulusan dari lembaga pendidikan kesehatan negeri atau swasta yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional maupun Pusdiknaskes saja yang bisa ikut dalam tes CPNS, sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kemenpan RB dalam aturan sebelumnya.

"Mau tidak mau harus dikerjakan, secepatnya kita lakukan sosialisasi, apalagi saat ini sudah masuk pendaftaran tes CPNS 2018," beber Nurman.

Hingga saat ini, lanjutnya, dari web bkn sscn.bkn.go.id untuk wilayah Kabupaten Malang masih sebanyak 517 pendaftar. Sedikitnya pendaftar bukan karena minimnya animo masyarakat, namun disebabkan lemot atau lambatnya mengakses di situs milik BKN tersebut.

"Memang agak susah untuk mengaksesnya, mungkin karena banyak yang mengakses sehinga traficnya padat, akhirnya agak lemot seperti itu, padahal kapasitas bandwitch sudah diperbesar," urainya.

Meski masih sedikit, pihaknya optimis kuota perekrutan ASN untuk Kabupaten Malang sebanyak 830 orang akan terpenuhi. "Pendaftaranya kan ditutup tanggal 12 Oktober pukul 24.00, jadi masih ada waktu lah," tandasnya.

Sebagai informasi,  kuota CPNS kabupaten Malang sebanyak 830, yang terbagi 135 jalur khusus untuk GTT/ PTT yang masuk kategori 2 (K2), 500 guru yang melalui jalur umum, 150 untuk tenaga kesehatan dan 45 untuk tenaga teknik. (yog/kun)

Komentar

?>