Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Tiap BUMDes Bojonegoro Disuntik Dana Rp 100 Juta

Rabu, 03 Oktober 2018 13:05:50 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Tiap BUMDes Bojonegoro Disuntik Dana Rp 100 Juta

Bojonegoro (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan memberikan stimulus bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp100 juta. Dana stimulus itu akan diberikan kepada BUMDes yang berkegiatan di sektor pariwisata dan agrobisnis.

"Saya pikir kalau dulu pertaniannya sudah banyak tetapi budidaya olahan hasil pertanian itulah yang perlu kita kembangkan," ujar Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah saat menerima Tim Penilai Lomba Desa, Kementerian Desa dalam Transparansi Informasi Publik, di Rumah Dinas (3/10/2018).

Bupati Bojonegoro menambahkan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi sesuai dengan tolak ukur dari penilaian Lomba Desa dalam Transparansi Informasi Publik. "Jika dianggap itu masih ada kekurangan kami akan sempurnakan segera mungkin," terangnya.

Anna berharap adanya suport dari Kementerian Desa terkait pembangunan yang ada di Bojonegoro, dikarenakan, lanjut bupati perempuan pertama di Bojonegoro itu,  saat ini Pemkab akan fokus dalam pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan.

"Hampir 60 persen infrastruktur kita rusak, dan perlu penanganan ekstra," ujarnya.

Tim Penilaian Lomba Desa Kementerian Desa, Zaini menyampaikan, bahwa Kementerian Desa dan Komisi Informasi Publik akan melakukan penilaian lapang di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberjo terkait Transparansi Informasi Publik yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Pejambon.

Menurutnya lomba desa ini sebagai amanat Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014, yang memiliki 4 kategori, kategori transparansi informasi publik, kategori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, kategori kegiatan padat karya yang dilaksanakan Pemerintah Desa dan keempat kategori Inovasi Desa.

"Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan mengukur keberhasilan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa," ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bojonegoro, Pj. Sekda, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kominfo, Plt. Kepala Dinas PMD, dan perwakilan Dinas PMD Provinsi Jawa Timur. [lus/but]

Komentar

?>