Minggu, 21 Oktober 2018

193 Rit Air Telah Disalurkan Bagi Korban Kekeringan di Bojonegoro

Selasa, 02 Oktober 2018 19:51:03 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
193 Rit Air Telah Disalurkan Bagi Korban Kekeringan di Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) - Hingga awal bulan Oktober 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro telah mendistribusikan air bersih sebanyak 193 rit.

Pendistribusian air bersih tersebut dilakukan sesuai dengan permintaan masing-masing daerah yang melakukan pengajuan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia menyampaikan bahwa saat ini terdapat 50 Desa di 15 Kecamatan yang mengalami kekeringan dan dimungkinkan akan bertambah. Karena sesuai perkiraan dari BMKG, hujan diprediksikan pada Bulan November pada Dasarian I sampai  III.

Prediksi hujan yang mulai terjadi Bulan November maka akan membawa dampak luasan wilayah kekeringan. Dikatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam hal ini BPBD pada tahun 2018 ini mengalokasikan 500 rit air bersih untuk mengatasi wilayah kekeringan di Bojonegoro.

"Sampai saat ini yang sudah tersalurkan 193 Rit air bersih. Jadi diperkirakan masih aman untuk memenuhi kebutuhan air bersih di musim kemarau tahun ini," ujarnya, Selasa (2/10/2018).

Ditambahkan, penyaluran air bersih ini rutin disalurkan sebagaimana jadwal sesuai permintaan yang masuk di BPBD. Dirinya menghimbau agar pihak desa dan warga untuk berkoordinasi mulai penyiapan titik distribusi air sehingga relatif cepat dan aman. 

Sekadar diketahui, daerah rawan kekeringan di wilayah Bojonegoro yang telah mengajukan permintaan air bersih yakni Desa Bakulan Kecamatan Temayang, Desa Sumberjokidul Kecamatan Sukosewu. Desa Tlogohaji, Butoh, Sumberharjo, Kayu Lemah dan Karangdinoyo Kecamatan Sumberejo. Desa Tengger, Butoh, Kolong, Ngasem, Ngadiluwih, Bareng, Trenggulunan dan Jampet. Kecamatan Ngraho kekeringan di Desa Sugihwaras dan Jumok.

Kecamatan Kasiman di Desa Sambeng, Kasiman, Ngaglik dan Tambakmerak. Kecamatan Bubulan meliputi Desa Sumberbendo, Clebung dan Cancung. Kecamatan Ngambon kekeringan melanda Desa Nglampin dan Sengon. Sedangkan diwilayah Kecamatan Tambakrejo yang mengajukan permintaana ir bersih di Desa Gamongan, Malingmati dan Mulyorejo.

Kecamatan Sugihwaras di Desa Wedoro, Alasgung, Panunggalan, Jati Tengah, Kedungdowo, Bareng, Sugihwaras dan Siwalan. Sementara itu untuk Kecamatan Purwosari ada 3 desa yang meminta dropping air bersih yakni Tlatah, Donan dan Pelem.

Desa Kepoh dan Sidomukti Kecamatan Kepohbaru, Desa Jamberejo, Kedungrejo, Geger, Ngrandu, Mojorejo dan Kesongo. Desa Pasinan Kecamatan Baureno. Dan yang baru saja mengirimkan surat adalah Desa Sumodikaran Kecamatan Dander. [lus/ted]

Komentar

?>