Rabu, 17 Oktober 2018

Hasil Riset Puskakom

Banyak Politisi Tak Miliki Ilmu Komunikasi Politik

Senin, 24 September 2018 23:03:18 WIB
Reporter : Dyah Ayu Setyorini
Banyak Politisi Tak Miliki Ilmu Komunikasi Politik

Surabaya (beritajatim.com) - Memasuki masa-masa Pilkada dan Pilpres, banyak politisi yang sedang menyiapkan strategi kampanye untuk menyukseskan pesta rakyat tersebut.

Dari riset yang dilakukan oleh Puskakom (Pusat Kajian Komunikasi) diketahui bahwa masih banyak politisi yang tidak memiliki atau minim pengetahuan ilmu komunikasi politik.

"Banyak politisi yang minim pengetahuan tentang ilmu komunikasi politik. Hal terlihat dari pola kampanye yang itu-itu saja, seperti sebar brosur, bagi sembako, pasang baliho, pidato, dan memberikan bantuan," ujar Suko Widodo, Ketua Puskakom.

Terkait hal tersebut, Suko Widodo mengadakan kelas santai Ilmu Komunikasi Politik bersama Persatuan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Surabaya dan beberapa politisi, Senin (24/9/2018). Suko mengungkapkan kegiatan ini merupakan edukasi untuk para politisi agar lebih baik dan efisien dalam melakukan kampanye.

"Padahal kalau memakai ilmu komunikasi politik, bisa menekan dana kampanye. Biaya riset tidak akan banyak karena ketepatan komunikasi politik. Keakuratan komunikasi politik ini menentukan kemenangan juga," tambahnya.

Dalam kelas tersebut, Suko juga mengatakan bahwa kekuatan seorang politisi harus expert (sangat menguasai) di bidang gagasan yang diangkat olehnya. Seorang politisi juga harus mampu memetakan kebutuhan masyarakat dan salah satu cara paling efisien untuk melaksanakan program kerja yang dicanangkan adalah dengan mengajak masyarakat juga ikut berpartisipasi.

Selain itu, Suko juga membagikan tiga poin penting dalam ilmu komunikasi politik yang harus dikuasai oleh para politisi yakni; atraktif, pandai berkomunikasi dan membuat program yang cerdas. [adg/suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>