Sabtu, 20 Oktober 2018

Puluhan Aktivis HMI Demo DPRD dan Polres Ponorogo

Senin, 24 September 2018 13:43:46 WIB
Reporter : D. Istimora
Puluhan Aktivis HMI Demo DPRD dan Polres Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) - Sekitar 30 mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ponorogo berunjuk rasa di gedung DPRD Ponorogo dan Mapolres setempat, Senin (24/9/2018).

Mereka mendesak pihak kepolisian mengusut oknum polisi yang melakukan kekerasan terhadap rekannya yang berunjuk rasa dan sempat ricuh pada 18 September lalu.

Ketua HMI Cabang Ponorogo Husein Effendi menyatakan, aksinya bersama kawan-kawannya dari sejumlah komisariat HMI di Ponorogo merupakan solidaritas atas sikap represif sejumlah oknum polisi yang melepaskan tembakan dan melakukan pemukulan terhadap rekannya sesama anggota HMI di Bengkulu yang menggelar aksi unjuk rasa terkait berbagai kondisi bangsa akhir-akhir ini.

“Dengan aksi ini kita minta Kapolri untuk meminta maaf kepada para mahasiswa terkait aksi represif anggotanya kepada kader HMI yang berunjuk rasa di Bengkulu. Kita juga minta Kapolda Bengkulu untuk mencopot anggota yang melakukan tindakan kekerasan itu,” ungkapnya usai bertemu anggota DPRD Ponorogo.

Aksi ini, kata dia, akan terus dilaksanakan sampai tuntutan mereka dikabulkan. Aksi solidaritas ini bukan hanya dilaksanakan di Ponorogo, tapi juga di seluruh daerah di Indonesia.

Selain soal penembakan kader HMI Bengkulu, mereka juga menyuarakan penolakan terhadap rencana pemerintah untuk impor beras. Menurut mereka, hal ini adalah kebijakan yang tidak pro-rakyat.

“Beras di gudang Bulog melimpah, Kepala Bulog sendiri yang mengatakan, kok malah mau impor,” ujar Husein.

Kasubbag Dalops Polres Ponorogo Kompol Seowahyoedi yang turut menemui para mahasiswa bersama anggota DPRD Ponorogo menyatakan, ia yakin akan ada sanksi atau tindakan terhadap anggota polisi bila memang menyalahi aturan atau prosesdur standar dalam mengamankan sebuah unjuk rasa.

“Yakinlah, kalau memang ditemukan kesalahan, pasti ada sanksi. Tapi apapun, aspirasi para mahasiswa ini akan kita sampaikan ke atasan kita,” ujarnya. [dil/ted]

Tag : hmi

Komentar

?>