Senin, 10 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Senin, Pakde Karwo Lantik 12 Bupati-Walikota Terpilih

Minggu, 23 September 2018 21:13:05 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Senin, Pakde Karwo Lantik 12 Bupati-Walikota Terpilih

Surabaya (beritajatim.com)--Sebanyak 12 bupati dan wakil bupati (wabup) serta walikota dan wakil walikota (wawalikota) terpilih hasil Pemilukada tahun 2018 pada Senin (24/9/2018) pagi, akan dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Gubernur Jatim Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Selain pelantikan 12 bupati/wabup dan walikota/wawalikota, rencananya juga akan dilangsungkan prosesi serah terima jabatan (sertijab) dan pelantikan 12 Ketua TP PKK Kabupaten/Kota serta Ketua Dekranasda masa bhakti 2018-2023 oleh Ketua TP PKK Jatim, Nina Soekarwo.

Keduabelas Bupati/Wabup dan Walikota/Wawalikota serta TP PKK kabupaten/kota yang dilantik besok terdiri dari Bupati/Wabup Probolinggo, Bupati/Wabup Bangkalan, Bupati/Wabup Bojonegoro, Bupati/Wabup Nganjuk, Bupati/Wabup Pamekasan, Bupati/Wabup Pasuruan, Bupati/Wabup Magetan, Bupati/Wabup Madiun, Bupati/Wabup Lumajang, Bupati/Wabup Bondowoso, Bupati/Wabup Jombang, serta Walikota/Wawalikota Malang.

Rencananya, prosesi pelantikan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Jawa Timur, serta Pembacaan Surat Keputusan Mendagri oleh Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setdaprov Jatim.

Lalu dilakukan prosesi pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara sumpah jabatan dan pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan, penyerahan petikan surat keputusan, serta penyampaian kata-kata pelantikan oleh Gubernur Soekarwo.

"Pada saat itu juga akan dilangsungkan penandatanganan pakta integritas oleh masing-masing kepala daerah yang dilantik dihadapan Bapak Gubernur," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai di sela-sela acara gladi bersih pelantikan.

"Usai dilaksanakan prosesi pelantikan, Gubernur Soekarwo akan memberikan sambutan pelantikan," terang Aries Agung.

Sebelum dilaksanakan pelantikan Ketua TP PKK kabupaten/kota, prosesi akan diawali dengan menyanyikan mars PKK. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) TP PKK Jatim dan Ketua Dekranasda, kata-kata pelantikan, penyematan pin PKK dan Dekranasda, serta dilanjutkan dengan penyerahan petikan SK pelantikan.

Lalu, penandatanganan berita acara pelantikan dan berita acara sertijab, penyerahan memori jabatan dan penyerahan piagam penghargaan, serta sambutan Ibu Ketua TP PKK Jatim. "Baru terakhir akan dilakukan pemberian ucapan selamat," ujar Aries Agung.

Menanggapi tidak dilantiknya Bupati dan Wabup Tulungagung yang tidak menjadi satu dengan pelaksanaan pelantikan 12 bupati/wabup dan walikota/wawalikota, Aris Agung mengatakan bahwa khusus untuk Bupati/Wabup Tulungagung akan dilaksanakan prosesi pelantikannya secara tersendiri.

Rencananya akan dilaksanakan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta pada 25 September 2018. "Alasannya karena terkena hukum, maka pelantikannya dilakukan tersendiri," pungkasnya. [tok/air]

Komentar

?>