Rabu, 17 Oktober 2018

Bupati Jember Lapor Jokowi Soal Tambang Emas

Jum'at, 21 September 2018 17:47:41 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
  • Bupati Jember Lapor Jokowi Soal Tambang Emas
  • Bupati Jember Lapor Jokowi Soal Tambang Emas
Bupati Jember Faida.

Jember (beritajatim.com) - Bupati Faida telah berkomunikasi langsung dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan mengantarkan surat keberatan terhadap keberadaan tambang emas di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hal ini dikemukakan Faida dalam sidang paripurna akhir Perubahan APBD 2018, di gedung DPRD Jember, Jumat (21/9/2018). "Kita semua sudah sepakat, baik masyarakat, tokoh masyarakat, bupati, wakil bupati, juga seluruh anggota DPRD, kalau tidak salah, sampai hari ini masih konsisten tolak tambang," katanya.

"Oleh karenanya kita melayangkan surat keberatan atas diterbitkannya SK Menteri ESDM, atas rencana eksplorasi (tambang emas) tersebut. Menteri ESDM menyambut dengan sangat baik," tambah Faida.

Sesuai Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1802 K/30/MEM/2018, hutan di kawasan Silo resmi menjadi wilayah izin usaha eksplorasi pertambangan emas dengan sebutan Blok Silo. Dalam surat tertanggal 23 April 2018 itu, ada 38 titik eksplorasi di blok seluas 4.023 hektare tersebut.

Terbitnya keputusan tersebut langsung menuai protes. Puluhan mahasiswa berunjuk rasa menolak keberadaan tambang emas. Suara-suara penolakan tambang emas juga terdengar di media sosial. Bupati Faida pun menulis surat keberatan atas Keputusan Menteri ESDM itu.

"Kami sudah melaporkan langsung aspirasi masyarakat Jember kepada presiden kita Bapak Joko Widodo, dan beliau menugaskan Menteri ESDM untuk merespons segera aspirasi masyarakat Jember," kata Faida. [wir/but]

Tag : tambang emas

Komentar

?>