Sabtu, 20 Oktober 2018

Anggaran Mamin Rp 16 M di Jember Sulit Dilelang

Jum'at, 21 September 2018 10:12:35 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Anggaran Mamin Rp 16 M di Jember Sulit Dilelang

Jember (beritajatim.com) - Badan Anggaran DPRD Jember, Jawa Timur, menyarankan agar pelaksanaan anggaran makanan dan minuman di Bagian Umum Pemerintah Kabupaten agar dilelang. Anggaran makanan dan minuman dalam Perubahan APBD 2018 mencapai Rp 16,177 miliar.

Anggota Badan Anggaran Nur Hasan mengacu pada organisasi perangkat daerah lain. "Di Dinas Cipta Karya, nominal di bawah Rp 200 juta saja dilelang. Seandainya makanan dan minuman dilelang dengan jenis yang sudah ditentukan dari awal, saya yakin Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) akan banyak, efisiensi akan besar. Mending cari perusahaan katering bonafit lalu Rp 16,177 miliar ditenderkan," katanya.

Kepala Bagian Umum Joko Prijono mengatakan, ada kesulitan untuk melelang pengadaan makanan dan minuman. "Jadwal (kebutuhan makanan dan minuman) dari organisasi perangkat daerah tidak menentu. Kalau lelang kan satuannya tetap, waktunya tetap. Kami hanya melaksanakan apa yang diminta dari OPD-OPD itu, kemudian kami mintakan persetujuan dari Ibu Bupati maupun Pak Sekda (Sekretaris Daerah), kami cukupi. Kalau jadwal dan satuan jelas, bisa," katanya.

Tapi bukankah ada kegiatan kongres yang sudah jelas jadwalnya? Joko mengatakan, ada kongres yang jadwalnya belum masuk ke Bagian Umum. "Kami tidak bisa melaksanakan. Kalau sudah masuk jauh-jauh hari, tiga bulan sebelumnya, ya bisa (dilelang)," katanya. [wir/suf]

Komentar

?>