Sabtu, 20 Oktober 2018

Dua Caleg PDIP Jombang Mundur dari DCS

Rabu, 19 September 2018 23:18:59 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Dua Caleg PDIP Jombang Mundur dari DCS
Iwan Setiawan menunjukkan surat pengunduran diri dari dua bacaleg PDIP Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Dua bacaleg (bakal calon legislatif) PDIP Jombang mundur dari pencalonan. Padahal, dua orang tersebut, namanya sudah masuk dalam  DCS (daftar calon sementara). Mereka beralasan, DPC PDIP Jombang menabrak aturan dalam menyusun daftar caleg.

Dua bacaleg itu masing-masing Anang dari dapil Jombang 2 (Diwek-Jogoroto-Sumobito), kemudian Lilla Fardillah dari dapil Jombang 3 (Mojoagung-Mojowarno-Wonosalam-Bareng). "Saya dipermainkan oleh pengurus DPC PDIP Jombang," kata Anang yang juga Ketua PAC (Pengurus Anak Cabang) Sumobito, Rabu (19/9/2018).

Baik Anang maupun Fadillah menilai, pengurus partai melanggar aturan dari DPP PDIP, yakni SK A-25. Mengacu pada SK dari DPP PDIP tersebut, seharusnya Anang mendapat nomor urut satu di daftar caleg sementara (DCS). Namun kenyataannya, Anang terlempar di nomor urut 4. Sedangkan Fadillah yang merupakan anak dari Anang berada di nomor urut 8.

Pria berkumis ini menjelaskan, dirinya di PDIP bukan orang baru. Anang menjabat Ketua PAC PDIP Sumobito selama dua periode, kemudian maju sebagai caleg sudah dua kali. "Saya sudah puluhan tahun di PDIP. Jadi Ketua PAC sudah dua periode. Kalau mengacu pada SK DPP, seharusnya saya nomor urut satu," ujarnya.

Anang menegaskan, dirinya akan mengajukan pengunduran diri sebagai bacaleg ke DPC PDIP Jombang. Namun sebelum itu, Anang juga mendatangi KPU setempat guna melakukan kordinasi. "Sesuai mekanisme, pengundurkan diri diajukan ke partai dulu," ujarnya.

Dikonfirmasi terkait permasalahan tersebut, liaison officer (LO) DPC PDIP Jombang Iwan Setiawan mengatakan, mekanisme pengunduran diri bacaleg harus melalui partai terlebih dulu. Selanjutnya, pihak partai melalui LO menyampaikan surat pengunduran diri tersebut ke KPU.

"Segera kita kirimkan berita acara ke KPU bahwa ada dua bacaleg (Anang dan Fadilla) yang mundur dari pencalegan," kata Iwan menjelaskan. [suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>