Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Banyak Tanggapan

KPU Kota Kediri Perpanjang Penepatan DPT Pemilu 2019

Selasa, 18 September 2018 22:36:50 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
KPU Kota Kediri Perpanjang Penepatan DPT Pemilu 2019

Kediri (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri memutuskan untuk memperpanjang penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilu 2019. Keputusan ini diambil dengan melihat banyaknya tanggapan dari Partai Politik (Parpol) dan juga Bawaslu terhadap data pemilih.

"Berdasarkan intruksi dari KPU RI, dimasing-masing wilayah dianjurkan untuk dilakukan pencermatan kembali terhadap DPTHP. Hal ini dilakukan karena banyaknya tanggapan dari Parpol terhadap data pemilih. Tidak hanya persoalan pemilih ganda, tetapi elemen lainnya seperti e-KTP, meninggal dunia, pindah alamat dan lainnya harus kembali dicermati, agar dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti tercipta data pemilih valid," kata Komisioner Perencanaan dan Data KPU Kota Kediri, Anis Iva Permatasari.

Ada ketidaksamaan antara rekap KPU, Parpol, dan Bawaslu. Data yang telah direkap oleh partai politik menunjukkan jumlah pemilih ganda sebanyak 247.449. Sedangkan Bawaslu mencatat 262 data ganda.

"Setelah kita cermati, rekomendasi dari Parpol itu ternyata mengacu pada data DPS (daftar pemilih sementara) setelah kita verifikasi ternyata itu sudah tidak ganda, jadi tidak perlu kita TMS (Tidak Memenuhi Syarat) kan. Sedangkan dari Bawaslu setelah kita cermati dan kita lakukan verifikasi faktual oleh PPS ternyata hanya 131 pemilih yang dinyatakan TMS ganda, di luar rekom Bawaslu maupun parpol. Kita sendiri mencermati DPT kita dan menemukan sejumlah pemilih ganda," imbuhnya.

Selain itu, kita kemarin mendapatkan arahan dari KPU RI untuk melakukan pencermatan kembali terhadap data DPTHP. Dengan arahan tersebut secara otomatis kita juga perlu memplenokan kembali terkait hasil pencermatan ini. Namun berdasarkan acuan dari KPU RI sendiri terkait dengan kapan hari penetapan DPT ini juga masih belum ditentukan. [nng/suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>