Minggu, 18 Nopember 2018

Nasib 1.817 Pencari Kerja di Sampang Menggantung

Senin, 03 September 2018 23:49:43 WIB
Reporter : Zamachsari
Nasib 1.817 Pencari Kerja di Sampang Menggantung

Sampang (beritajatim.com) - Jumlah pemohon AK -1 atau kartu tanda pencari kerja yang mendaftar di Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sebab, terhitung Januari hingga Agustus 2018 mencapai 279 pemohon. Sedangkan data dari Diskumnaker Sampang, selama empat tahun terakhir pemohon kartu kuning mencapai 1.817 orang.

Saat dikonfirmasi, Kabid Tenaga Kerja Diskumnaker, Bisrul Hafi mengaku pihaknya tidak memiliki data yang pasti terkait warganya yang sudah atau belum diterima bekerja.

Menurutnya pencari kerja yang mengajukan kartu kuning relatif tinggi. Terdiri dari kategori usia produktif atau angkatan kerja dan kategori pengangguran pasif atau 75 persen merupakan usia produktif dan lulusan SMA/SMK.

"Kami hanya mengeluarkan kartu tanda pencari Kerja yang dilakukan oleh pemohon, sedangkan untuk yang diterima atau masih dalam proses pencari kerja kami belum mengetahuinya secara pasti," jelasnya, Senin (3/9/2018).

Lanjut Hafi, meningkat tidaknya jumlah pemohon kartu tersebut tergantung dari kebutuhan warga. Karena pengajuan kartu kuning sebagai langkah antisipasi warga saat mengajukan lamaran kerja.

Banyak perusahaan swasta seperti perkantoran dan pabrik yang menggunakan kartu kuning sebagai salah satu persyaratan dan penilaian pelamar.

"Kartu kuning itu berfungsi untuk memberikan peluang kepada warga yang membutuhkan pekerjaan," imbuhnya.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Sampang, Maniri meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang serius dalam penanganan tenaga kerja terlebih saat ini ribuan kartu kuning yang dikeluarkan mengisyaratkan tingginya angka pengangguran di Kota Bahari itu.

"Selama inikan Pemkab Sampang terkesan melakukan pembiaran kepada orang yang mengajukan kartu kuning, harus pendataan terus dilakukan, sehingga dapat diketahui jumlah yang dikeluarkan dengan yang telah mendapatkan pekerjaan," pungkasnya.[sar/ted]

Tag : sampang

Komentar

?>