Senin, 15 Oktober 2018

7 Komisioner KPU di Jatim Loncat Pagar ke Bawaslu

Minggu, 19 Agustus 2018 20:50:21 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
7 Komisioner KPU di Jatim Loncat Pagar ke Bawaslu

Jember (beritajatim.com) - Total ada tujuh komisioner Komisi Pemilihan Umum tingkat kabupaten dan kota yang dilantik menjadi komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten dan kota.

Selain tujuh komisioner itu, ada dua komisioner KPU kabupaten dan kota yang dilantik menjadi komisioner Bawaslu Jawa Timur dan dua komisioner dilantik menjadi anggota KPU Jawa Timur. Tujuh komisioner yang loncat pagar itu berasal dari KPU Jember, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Magetan, dan Tulungagung. Sementara anggota KPU yang dilantik menjadi Bawaslu Provinsi adalah komisioner KPU Surabaya dan KPU Ponorogo. Sementara komisioner KPU Kota Batu dan Kabupaten Pasuruan dilantik menjadi komisioner KPU Jatim.    

"Secara otomatis, kawan-kawan komisioner KPU kabupaten dan kota yang kemarin sudah dilantik menjadi anggota Bawaslu kabupaten atau kota meninggalkan jabatan mereka. Kami akan meminta teman-teman KPU kabupaten dan kota agar menggelar rapat pleno," kata salah satu komisioner KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro.

Gogot mengatakan, ada dua agenda pleno. "Pertama, bagi KPU kabupaten dan kota yang kebetulan ketua mereka dilantik menjadi anggota Bawaslu, diminta memilih pengganti. Kedua, mengajukan permohonan pergantian antar waktu kepada KPU Jawa Timur," katanya.

KPU Jatim nantinya akan memanggil nominator calon anggota KPU lainnya untuk  mengetahui kesediaan yang bersangkutan melakukan pergantian antar waktu. Verifikasi dilakukan KPU Jatim karena bisa jadi nominator tersebut tak memenuhi syarat.

"Saat ini kami masuk ke tahapan pemilu yang cukup ketat. Kami meminta KPU kabupaten dan kota segera menggelar rapat pleno. Harapan kami, selambatnya akhir Agustus ini semua sudah bisa diajukan ke KPU Provinsi agar penggantinya bisa segera dilantik," kata Gogot. [wir]

Tag : pemilu

Komentar

?>