Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Lima Wartawan Bertarung Menuju Parlemen

Minggu, 19 Agustus 2018 14:52:21 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Lima Wartawan Bertarung Menuju Parlemen

Jember (beritajatim.com) - Lima orang wartawan terjun dalam kontestasi pemilu legislatif tahun depan. Mereka bertarung memperebutkan kuota 50 kursi DPRD Jember, Jawa Timur.

Lima orang itu adalah Ahmad Fatkhul Hadi Muzakki (wartawan Radio Prosalina) yang mencalonkan diri melalui Partai Gerindra di Daerah Pemilihan (Dapil) III, serta Totok Sumianta (wartawan Harian Memo Timur) yang mencalonkan diri melalui Demokrat di Dapil I.

Kemudian ada Rully Effendi (wartawan Harian Radar Jember) yang mencalonkan diri melalui Partai Nasional Demokrat di Dapil VI, Sugianto (wartawan Memo Timur) yang mencalonkan diri melalui Partai Perindo di Dapil III, dan Suliyadi (surat kabar Lensa Rakyat) yang mencalonkan diri melalui Perindo pula di Dapil I.

"Kami tak mengistimewakan mereka dalam konteks aturan. Kami perlakukan mereka sebagaimana calon legislator lainnya," kata Ahmad Hanafi, salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember.

Hanafi juga mantan wartawan televisi. "Saya berharap teman-teman ini jika terpilih bisa mewarnai parlemen. Sebagai mantan jurnalis, saya melihat persentuhan kawan-kawan dengan masyarakat sangat intensif," katanya.

Hanafi memandang cara kerja wartawan hampir sama dengan legislator yakni mendasarkan diri pada informasi yang faktual, berimbang, dan melalui proses verifikasi sebelum dijadikan dasar pengambilan keputusan. "Wartawan dan legislatif sama-sama mendedikasikan diri untuk publik. Teman-teman wartawan sudah terbiasa menyerap aspirasi dan mengartikulasikan dalam kebijakan," katanya.

Sementara itu, Fatkhul Hadi memilih mundur dari profesi wartawan sejak mencalonkan diri menjadi legislator. "Saya ingin tetap menjunjung tinggi marwah profesi wartawan yang independen. Semua saya lakukukan karena cinta," katanya. [wir/suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>