Rabu, 19 September 2018

Pemkot Surabaya Akan Perketat Regulasi Rumah Kos

Selasa, 14 Agustus 2018 14:18:23 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Pemkot Surabaya Akan Perketat Regulasi Rumah Kos

Surabaya (beritajatim.com) - Para pengusaha kos-kosan atau rumah pemondokan di Surabaya harus menata kembali usaha mereka. Hal ini dikarenakan Pemkot Surabaya akan segera memperketat usaha jenis ini melalui regulasi yang tengah dirumuskan.

Salah satu alasan dibalik wacana ini adalah kebakaran maut di Kebalen beberapa waktu yang lalu. Tragedi itu mengakibatkan jatuhnya 8 korban jiwa akibat tidak memadainya bangunan yang digunakan sebagai rumah kos itu.

Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilawati mengungkapkan jika rumusan regulasi itu tengah dimatangkan oleh pihak Pemkot Surabaya. Salah satu poinnya adalah kesesuaian antara IMB yang dimiliki dengan landskap bangunan rumah kos atau rumah pemondokan.

"Jadi nanti seluruh rumah kos di Surabaya akan didata untuk kemudian dicek apakah sudah sesuai antara IMB dengan kondisi nyata. Untuk rumah kos baru ijinnya juga akan kami perketat," kata Ira.

Untuk menghindari terulangnya tragedi kebakaran Kebalen, Ira juga memastikan jika pada regulasi yang ada nanti setiap rumah pemondokan harus memiliki jalur evakuasi darurat. "Seperti adanya emergency exit," tegasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu seusai tragedi kebakaran Kebalen, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan bahwa seluruh rumah kos yang ada di Kota Pahlawan akan didata. Perijinan dan kelaikan dari rumah-rumah kos itu juga akan dipastikan dengan sangat teliti.

Kos-kosan juga akan kita cek baik mulai untuk ijinnya serta kualitas bangunan termasuk instalasi listrik. Tim yang akan turun lengkap, mulai Cipta Karya serta PMK dan Puskesmas. Ini untuk menjaga kelayakan fungsi," jelas Wali Kota Risma. [ifw/kun]

Komentar

?>