Kamis, 15 Nopember 2018

Sampang Ladang Subur Bagi Pengemis Jalanan

Sabtu, 11 Agustus 2018 21:30:24 WIB
Reporter : Zamachsari
Sampang Ladang Subur Bagi Pengemis Jalanan

Sampang (beritajatim.com) - Wilayah Sampang khususnya di beberapa perempatan jalan raya, menjadi ladang subur bagi pengemis dan pengaman jalanan.

Hal itu terbukti dari hasil tangkapan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, yang telah mengamankan sejumlah anak dan pengemis.

Kabid Penegakan Perda dan Penertiban Umum, Satpol PP Sampang, Chairijah menyampaikan, satu anak diketahui berasal dari Banyumas dan dua anak lainnya warga Desa Taman Sareh, Sampang.

"Mereka telah kami amankan di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) untuk diberikan pembinaan langsung, kemudian akan dikembalikan kepada orang tuanya," ujarnya, Sabtu (11/8/2018).

Hasil pemeriksaan, pengemis dan pengamen jalanan ini sekali beroperasi mampu memperoleh uang Rp 30 ribu dan hasilnya untuk main game serta membeli rokok.

"Dalam menjalankan aksinya sejumlah anak ini kadang memaksa untuk meminta uang maupun rokok, aksi mereka telah meresahkan warga," imbuhnya.

Masih kata Chairijah, pada malam Jumat kemarin, pihaknya juga mengamankan 8 pengemis yang beraksi di perempatan Barisan Sampang. Di antaranya, satu orang merupakan warga Pekalongan. Kemudian, dititpkan ke RPS bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos).

"Lalu ke esokan harinya, mereka dikembalikan kepada orang tua masing-masing," pungkasnya.

Satpol PP melakukan operasi terhadap pengemis sesuai amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2015.[sar/ted]

Tag : sampang

Komentar

?>