Rabu, 22 Agustus 2018

KPU Pamekasan Tetapkan Pasangan Berbaur Pemenang Pilkada 2018

Jum'at, 10 Agustus 2018 22:34:46 WIB
Reporter : Samsul Arifin
KPU Pamekasan Tetapkan Pasangan Berbaur Pemenang Pilkada 2018

Pamekasan (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menetapkan pasangan Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur) sebagai bupati dan wakil bupati terpilih pada pelaksanaan pilkada 2018 yamg dilaksanakan serentak, Rabu (27/6/2018) lalu.

Hal tersebut diputuskan dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pilkada serentak 2018 yang digelar di Meeting Room PKP RI Jl Kemuning, Jumat (10/8/2018). Khususnya pasca adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan KPU Pamekasan dalam sengketa pilkada.

"Sesuai Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 bahwa tiga hari pasca putusan (MK) tersebut, KPU harus menetapkan paslon (pasangan calon) terpilih. Kita melaksanakan di hari kedua setelah putusan yang kami terima dari MK, konsekuensinya kita harus melakukan penetapan ini," kata Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah.

Mengacu pada regulasi dan perundang-undangan, paslon yang tidak ada gugatan ke MK dan ditetapkan berdasar perolehan suara pada momentum pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Untuk Jatim (Jawa Timur) rata-rata ditetapkan pada 25 Juli 2018 lalu," ungkapnya.

Penetapan tersebut nantinya juga bakal disampaikan kepada sejumlah pihak terkait seperti yang diatur dalam undang-undang. "Melalui penetapan paslon terpilih pada rapat pleno terbuka kali ini, sekaligus menandakan bahwa tugas kami (sebagai penyelenggara pilkada) telah berakhir," sambung pria yang akrab disapa Hamzah.

"Dari itu kami akan segera melanjutkan penetapan paslon terpilih kepada KPU Provinsi (Jatim) untuk dilanjutkan ke KPU Pusat agar segera dilakukan pelantikan. Tentunya melalui prosedur yang akan dilakukan oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri)," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak 2018. "Tidak kalah penting kami sampaikan terima kasih kepada jajaran Forpimda, baik TNI-Polri, Bawaslu, masing-masing paslon beserta tim sukses dan masyarakat. Sehingga pelaksanaan pilkada berlangsung aman dan kondusif," pungkasnya. [pin/suf]

Komentar

?>