Rabu, 22 Agustus 2018

Pemortalan Jalan Harun Tohir Ganggu Distribusi Barang

Jum'at, 10 Agustus 2018 21:05:36 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Pemortalan Jalan Harun Tohir Ganggu Distribusi Barang
Jalan sebelum diportal.

Gresik (beritajatim.com) - Pemortalan Jalan Harun Tohir Gresik dampaknya dapat mengganggu alur distribusi barang. Meski begitu, secara keseluruhan arus barang yang masuk ke Pelabuhan Gresik tidak terganggu.

"Kami sangat menghormati keputusan Pemkab Gresik. Apalagi pemortalan tersebut untuk kebaikan bersama," ujar General Manager PT Pelindo III (persero) Cabang Gresik, Yanto, Jumat (10/08/2018).

Lebih lanjut Yanto mengatakan, pasca diportal memang merugikan pelaku usaha. Pasalnya, rute transportasi pengiriman barang semakin jauh. Sebelum terjadi pemortalan, pihaknya sudah menyepakati iuran untuk perbaikan jalan. Nilai yang hendak disumbangkan untuk perbaikan jalan sebesar Rp 1,9 miliar.

"Kami sudah rapat soal Jalan Harun Tohir, Pelindo III cabang Gresik diminta untuk iuran juga sudah menyanggupi. Tapi kok masih diportal juga," ungkapnya.

Menurut Yanto, angka sebesar Rp 1,9 miliar itu bukan atas dasar kesepakatan. Tapi, sudah sesuai hasil survei perguruan tinggi tim ITS Surabaya. Bahkan, pihaknya sudah menyetujui. Tapi, perusahaan lainnya belum bisa memberikan angka berapa nominal yang dikucurkan untuk perbaikan jalan.

"Yang melintasi Jalan Harun Tohir kan bukan kendaraan Pelindo III Cabang Gresik saja. Tapi, ada perusahaan lainnya," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam rapat terakhir sebelum diportal, PT Pelindo III Cabang Gresik dan PT Gresik Jasa Tama (GJT) siap memberi kontribusi terkait perbaikan jalan. Tetapi, perusahaan yang lain tidak ada yang datang.

"Kalau sudah terjadi mau diapakan lagi. Namun, yang pasti barang yang masuk ke pelabuhan waktunya bisa bertambah karena kendaraan harus berputar," pungkasnya. [dny/but]

Komentar

?>