Senin, 22 Oktober 2018

Dana Pembangunan Pasar Legi Ponorogo Jadi Rp 200 M?

Jum'at, 10 Agustus 2018 18:55:51 WIB
Reporter : D. Istimora
Dana Pembangunan Pasar Legi Ponorogo Jadi Rp 200 M?

Ponorogo (beritajatim.com) – Setelah sempat dianggarkan sebesar Rp90 miliar, pembangunan Pasar Legi Ponorogo yang terbakar akan dibangun lebih besar dari rencana semula. Sebab, ternyata pemerintah pusat telah menganggarkan pembangunan pasar yang terbakar 14 Mei 2017 ini sampai Rp200 miliar.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Jumat (10/8/2018), kepada beritajatim.com menyatakan, berdasarkan rilis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) beberapa waktu lalu menyebutkan ada dana untuk pembangunan pasar di Ponorogo. Dananya memcapai Rp200 miliar.

“Berdasarkan rilis KemenPUPR iya (ada dana pembangunan pasar). Tapi kalau secara resmi tertera di APBN ya belum. Ini sedang kita urus ke Jakarta,” tulis Ipong dalam pesan singkatnya.

Dikatakannya, dengan adanya kabar ini maka akan ada perubahan dalam merencanakan pembangunan pasar yang terbakar jelang bulan puasa tahun lalu tersebut. Perubahan paling mendasar adalah pada anggarannya.

“Di anggarannya bakal berubah. Di sumber dananya. Semula pakai APBD, kemudian, jika rilis ini benar maka akan pakai APBN dan APBD. Kalau model pasarnya ya sama. Volume lebih besar, karena rencana APBD hanya Rp90 miliar, sementara APBN ini Rp200 miliar,” lanjutnya.

Pembangunan kembali Pasar Legi Ponorogo yang separuhnya terbakar pada 14 Mei 2017 akan segera dimulai.  Saat ini pihak Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perdagkum) Kabupaten Ponorogo tengah melakukan sosialisasi terkait perancangan bentuk baru bangunan pasar dengan mempertimbangkkan aspirasi pedagang agar bangunan diminati dan nyaman bagi mereka.

Selama pembangunan, rencananya para pedagang akan direlokasi sementara waktu ke pasar penampungan di lahan bekas bangunan RSUD dr Hardjono atau sekitar 2 km di sebelah utara Pasar Legi saat ini. Pembuatan pasar penampungan ini akan dimulai sekitar Oktober atau November dengan lama pengerjaan satu bulan.

Dinas Perdagkum Ponorogo mencatat ada 1.7272 pedagang di Pasar Legi. Rinciannya 1.168 pedagang di Pasar Legi yang terbakar, 256 pedagang di los eks Pengadilan Negeri Ponorogo dan 303 bagian barat Pasar Legi atau biasa disebut pasar stasiun. [dil/but]

Komentar

?>