Sabtu, 17 Nopember 2018

KPU Pamekasan Gelar Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih

Jum'at, 10 Agustus 2018 18:14:24 WIB
Reporter : Samsul Arifin
KPU Pamekasan Gelar Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih

Pamekasan (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pilkada serentak 2018 yang digelar di Meeting Room PKP RI Jl Kemuning, Jum'at (10/8/2018) siang.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir jajaran penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten, mulai pihak KPU, Bawaslu Pamekasan, jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan serta sejumlah undangan.

"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari putusan MK (Mahkamah Konstitusi) tentang sengketa pilkada Pamekasan yang berakhir pada sidang putusan yang digelar Kamis (9/8/2018) kemarin. Kemarin kita langsung menerima putusan, sehingga hari ini kita langsung umumkan," kata Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah.

Diakuinya, pihaknya sengaja menggelar pleno penetapan di hari kedua penetapan sesuai dengan hasil putusan MK di Jakarta. "Mengacu pada regulasi, semestinya kita diberi kesempatan selama tiga hari untuk melakukan penetapan pasangan calon terpilih. Tapi proses penetapan ini kami lakukan di hari kedua," ungkapnya.

"Melalui penetapan pasangan calon terpilih hari ini, tentunya berakhir tugas KPU Pamekasan untuk pelaksanaan pilkada. Nanti kita lanjutkan ke KPU Provinsi hingga KPU Pusat, tentunya melalui Bawaslu Kabupaten hingga Bawaslu Pusat hingga akhirnya di Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

Pantauan di lapangan, pada rapat pleno terbuka hanya dihadiri pasangan terpilih (Berbaur) yang diwakili Wakil Bupati Pamekasan terpilih Raja'e. Ia didampingi langsung oleh empat perwakilan partai politik pengusung tanpa kehadiran Bupati Terpilih Badrut Tamam.

Sementara pasangan KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah) tidak tampak terlihat dalam prosesi pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih pada momentum pilkada serentak yang digelar Rabu (27/6/2018) lalu. [pin/kun]

Komentar

?>