Rabu, 22 Agustus 2018

Menang Sidang Sengketa Pilkada, KPU Pamekasan: Alhamdulillah

Kamis, 09 Agustus 2018 15:42:23 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Menang Sidang Sengketa Pilkada, KPU Pamekasan: Alhamdulillah

Pamekasan (beritajatim.com) - Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 52 tentang Hasil Rekapitulasi Manual Pilkada Pamekasan, dinyatakan sah pasca adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi dalam sidang sengketa pilkada serentak 2018, Kamis (9/8/2018).

Dalam sidang tersebut, KPU Pamekasan dilaporkan tim kuasa hukum Kholilurrahman yang notabene calon bupati pasangan nomor urut 1 ke MK di Jakarta. Hal itu berkaitan dengan dugaan adanya berbagai jenis pelanggaran pemilu yanh dilakukan oleh panitia penyelenggara pemilu.

Hanya saja dalam berbagai rangkaian sidang sengketa, KPU sebagai pihak termohon dalam persoalan Nomor 69/PHP.BUP-XVI/2018 perihal perkara perselisihan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati Pamekasan. Akhirnya dinyatakan menang oleh MK sekaligus menolak gugatan dari pihak pemohon.

"Alhamdulilah KPU Pamekasan sebagai termohon dalam sengketa pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan Tahun 2018, dinyatakan menang oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia," kata salah satu Komisioner KPU Pamekasan Mohammad Subhan.

Dengan putusan tersebut, hasil rapat pleno rekapitulasi suara secara manual yang dilakukan KPU Pamekasan di Gedung PKP RI juga dinyatakan sah karena bersamaan dengan hasil putusan MK. "Dengan demikian, SK KPU Nomor 52 sah demi hukum," ungkapnya.

Dari itu pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya jajaran penyelenggara pemilu yang ikut serta mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam yang digelar serentak Rabu (27/6/2018) lalu.

"Terima Kasih kepada semua pihak, khususnya PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih),  PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) se Pamekasan dan seluruh mitra kerja dan pihak terkait  KPU Pamekasan," pungkasnya. [pin/kun]

Komentar

?>