Rabu, 22 Agustus 2018

Petugas Sita Gunting Hingga Sambal dari Jemaah Haji Kediri

Senin, 06 Agustus 2018 19:36:43 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Petugas Sita Gunting Hingga Sambal dari Jemaah Haji Kediri

Kediri (beritajatim.com) - Sejumlah barang bawaan jemaah haji kloter 54, 55 dan 56 asal Kabupaten Kediri, Jawa Timur disita petugas saat berada di Bandara Juanda. Barang bawaan jemaah haji yang disita petugas antara lain, gunting, paku, silet, pisau hingga cairan infus.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, H. Azis mengatakan, barang barang yang disita petugas karena berkaitan dengan aturan penerbangan. Barang-barang tersebut dikumpulkan petugas dan diberi catatan.

"Barang-barang ini diamanatkan ke petugas daerah. Setelah pulang haji, silahkan diambil, atau keluarganya bisa mengambil kesini sekarang. Kami membantu melayani keluarga jemaah, atas barang yang disita," kata Azis, di Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, Senin (6/8/2018).

Barang-barang sitaan ini, jelas Azis, ditemukan dari jemaah haji kloter 54 sebanyak 34 buah terdiri dari gunting, paku, cutter, silet dan pisau.

Sedangkan dari kloter 55 sebanyak 32 buah gunting berbagai bentuk dan ukuran. Sementara dari klter 56 hanya berupa barang konsumsi antara lain, sambal, obat herbal, cairan infus dan parfum.

"Sebenarnya, barang tersebut berfungsi dan dibutuhkan jemaah. Seperti gunting dan silet, setelah selesai haji untuk cukur rambut. Cuma karena larangan dari penerbangan, maka barang tersebut disita oleh petugas," kata Azis.

Dikatakan olehnya, jumlah barang sitaan dari jemaah asal Kabupaten Kediri pada musim haji tahun ini sebenarnya jauh lebih sedikit dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, karena pemahaman jemaah dan kesadaran mereka semakn baik. Selain itu, selama ini juga dilakukan sosialisasi tentang barang-barang yang dilarang dari manasik, kemudian dari KUA, KBIH dan majelis bimbingan haji. (nng/kun)

Tag : haji kediri

Komentar

?>