Kamis, 15 Nopember 2018

Mohammad Alwi Naik Status Sebagai Pj Sekda Pamekasan

Kamis, 02 Agustus 2018 11:34:43 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Mohammad Alwi Naik Status Sebagai Pj Sekda Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Mohammad Alwi secara resmi naik status sebagai Pejabat (Pj) Sekda Pamekasan pasca dilantik oleh Pj Bupati Pamekasan Fattah di Pendopo Ronggosukowati, Selasa (31/7/2018) lalu.

Kondisi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kinerja sekaligus bekerjasama dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyusun berbagai kebijakan, serta membantu bupati dalam aspek pelayanan administratif. "Sekda itu penanggung jawab administratif, namun strategis," kata Fattah Jasin.

"Ada beberapa tugas dan fungsi sebagai sekda, pertama sebagai koordinator kebijakan daerah. Sehingga seorang sekda harus tahu tentang perencanaan pembangunan, serta pernah berada di kepala bagian dan pernah menjadi eksekutor (pelaksanaan program daerah)," ungkapnya.

Tidak hanya itu, selain sebagai koordinator di seluruh OPD. Seorang sekda juga harus selalu melakukan monitoring sekaligus mengevaluasi berbagai kebijakan daerah di lingkungan Pemkab Pamekasan. "Tugas kedepan sudah menunggu, setiap OPD harus mempersiapkan segala skala prioritas," tegasnya.

Untuk diketahui, posisi Plt dijabat oleh wakil kepala daerah dengan melakukan tugas dan wewenang kepala daerah apabila apabila kepala daerah menjalani tahanan atau berhalangan sementara berdasar Pasal 66 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2016.

Sementara Pj diangkat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari JBT Madya untuk pejabat gubernur dan JBT Pratama untuk pejabat bupati atau walikota sampai dengan pelantikan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) berdasar Pasal 201 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016. [pin/kun]

Komentar

?>