Minggu, 18 Nopember 2018

Rangkaian Hari Jadi Ke-488 Pamekasan Dianggarkan Rp 500 Juta

Selasa, 31 Juli 2018 17:47:05 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Rangkaian Hari Jadi Ke-488 Pamekasan Dianggarkan Rp 500 Juta

Pamekasan (beritajatim.com) - Rangkaian Festival Budaya Daerah (FBD) 2018 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) Ke-488 Kabupaten Pamekasan, bakal disiapkan anggaran sebesar Rp 500 juta.

Namun kegiatan yang dijadwalkan dilaksanakan pada pertengahan Oktober hingga November 2018 tersebut, justru mengalami pemangkasan anggaran dibandingkan tahun sebelumnya. Disinyalir karena adanya upaya penyesuaian kondisi keuangan daerah yang nantinya juga bakal berimbas pada rangkaian kegiatan.

"Tahun lalu anggaran untuk peringatan Hari Jadi (Pamekasan) sebesar Rp 550 juta, tahun ini dipangkas (Rp 50 juta) menjadi Rp 500 juta. Hal ini disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Pamekasan Achmad Sjaifuddin, Selasa (31/7/2018).

Dengan adanya anggaran tersebut, pihaknya berencana melaksanakan berbagai event berupa parade budaya. Khususnya festival budaya Madura yang akan dikemas dalam satu rangkaian tertentu melalui tajuk Madura Exotica. "Makna kegiatan hampir sama dengan tahun sebelumnya," ungkapnya.

"Hanya saja ada beberapa kegiatan yang nantinya akan kita gabung, karena memiliki kesamaan makna. Tentunya juga akan kita masukkan sejumlah kegiatan lain yang bisa memeriahkan peringatan hari jadi Pamekasan. Sekalipun nominal anggaran jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya," jelasnya.

Memang dalam beberapa tahun terakhir, peringatan hari jadi Pamekasan selalu identik dengan kemeriahan. Sebab berbagai rangkaian kegiatan digelar demi memberikan hiburan bagi masyarakat di daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam.

Di antaranya meliputi pasar rakyat, rokat dhisa, sape sonok, pekan budaya Madura, kerapan sapi, pawai budaya hingga rangkaian malam puncak yang dikemas dengan sebutan 'Semalam di Madura' yang digelar di alun-alun kota, Monumen Arek Lancor. [pin/kun]

Komentar

?>