Selasa, 20 Nopember 2018

Kemenpolhukam: Penyebar Hoax Sistematis dan Komersil

Jum'at, 20 Juli 2018 22:41:17 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Kemenpolhukam: Penyebar Hoax Sistematis dan Komersil

Banyuwangi (beritajatim.com) - Staf Khusus Kemenpolhukam, Farizay Irawadi, mengatakan, penyebar hate speech dan hoaks tidak menyuarakan netizen. Bahkan penyebarnya terorganisir dan diperjualbelikan.

Farizay mencontohkan bagaimana hate speech dan hoaks tersebar. Ada satu kelompok yang membingkai informasi seolah-olah benar padahal bohong.

Setelah itu dengan sistematis berbagai akun palsu menyebarkan informasi tersebut, sehingga dalam waktu cepat menyebar. "Karena mengira informasi itu benar, masyarakat luas juga ikut-ikutan menyebar," kata Fahrizay, saat Pelatihan Literasi Media Sosial dan Motivasi Hidup Bermakna untuk Bangsa di Banyuwangi, Jumat (20/7/2018)

Namun, kata Dia, semua itu bisa ditangkal dengan menyebar pesan positif. "Semua bisa ditangkal dengan sinergi media sosial. Makanya kami gelar pelatihan siber untuk komunitas-komunitas di Banyuwangi,” ujarnya.

Sehingga perlu adanya pemahaman positif untuk menangkalnya. Salah satunya melalui pelatihan literasi digital ini.

Bahkan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebut, pelatihan ini merupakan hal yang penting tidak hanya untuk anak muda penggiat medsos, tapi juga bagi ASN. "Bela negara saat ini tidak hanya angkat senjata. Tapi juga berperang melawan hate speech dan berita hoaks," jelas Anas. [rin/suf]

Komentar

?>