Jum'at, 19 Oktober 2018

Daftar Caleg

Tiga Kades di Jombang Ajukan Pengunduran Diri

Jum'at, 20 Juli 2018 08:50:32 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Tiga Kades di Jombang Ajukan Pengunduran Diri
Plt Bupati Jombang Hj Mudjidah Wahab

Jombang (beritajatim.com) - Sebanyak tiga Kades (Kepala Desa) di Kabupaten Jombang mengajukan pengunduran diri. Hal itu menyusul pendaftaran mereka menjadi calon legislatif atau caleg.

Kepastian itu dilontarkan Plt Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab. "Ada tiga Kades yang mengajukan pengunduran diri. Saat ini, pengajuan tersebut sedang kita proses," ujar Mundjidah, Jumat (20/7/2018).

Disinggung ada tidaknya PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang mundur kerena maju sebagai caleg, Mundjidah mengatakan bahwa untuk PNS belum ada. "Kalau dari PNS belum ada yang mengajukan pengunduran diri karena maju caleg. Sampai saat ini hanya tiga Kades yang mengajukan pengunduran diri," katanya menegaskan.

Komisioner KPU Jombang M Djafar membenarkan bahwa Kades yang maju sebagai caleg harus mundur dari jabatannya. Hal itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018.

"Sesuai aturan tersebut, jangankan Kades, Katua RT pun harus mundur jika mendaftar sebagai caleg. Begitu juga dengan perangkat desa. Mereka harus mundur dari jabatannya kalau maju sebagai caleg," kata M Djafar, ketika dihubungi secara terpisah.

Salah satu Kades yang hendak nyaleg di pemilu 2019 adalah M Naim. Disinggung soal adanya aturan harus mundur dari jabatannya sebagai Kades, Naim tidak mempermasalahkan. Dia tidak keberatan memenuhi persyaratan tersebut.

"Kemarin mulai mengurus surat untuk persyaratan nyaleg. Mulai surat keterangan bebas narkoba hingga surat keterangan tidak dalam perkara di PN (Pengadilan Negeri), dan surat pengunduran diri," ujar Kades Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Jombang ini. [suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>