Jum'at, 19 Oktober 2018

Dua Parpol di Banyuwangi Tak Daftarkan Bacaleg

Rabu, 18 Juli 2018 16:40:14 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Dua Parpol di Banyuwangi Tak Daftarkan Bacaleg

Banyuwangi (beritajatim.com) - Dua partai politik (parpol) di Banyuwangi dipastikan tak dapat mengikuti proses demokrasi pemilihan legislatif. Pasalnya hingga penutupan pendaftaran, mereka belum menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatifnya.

Dua parpol tersebut yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Dari 16 parpol peserta pemilu hanya ada 14 parpol yang sudah mendaftarkan bacalegnya. Sampai dengan pukul 24.00 WIB tadi malam, dua parpol yakni PKPI dan PSI belum mendaftarkan bacalegnya," kata Komisioner KPU Banyuwangi, Suherman, Rabu (18/7/2018).

Namun uniknya, kata Suherman, setelah ditutup 15 menit kemudian utusan DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) datang. Meski demikian, pihak KPU menolak pendaftaran tersebut.

"Sesuai dengan peraturan KPU, kami tidak diperbolehkan menerima partai yang mendaftarkan bacalegnya melebihi jam itu," ungkapnya.

Sebenarnya, masa pendaftaran caleg dibuka sejak 4 Agustus lalu. Akan tetapi mayoritas parpol memilih mendatangi kantor KPU, pada dua hari terakhir sebelum masa pendaftaran ditutup.

"Tadi malam sudah kami tunggu sampai dengan pukul 24.00 WIB, namum PKPI dan PSI belum ada utusannya yang datang untuk mendaftarkan bacalegnya, sehingga proses pendaftaraanya ditutup," ungkap Suherman.

Suherman mengatakan, parpol pertama yang mendaftarkan bacalegnya di KPU Banyuwangi, adalah Partai Bulan Bintang (PBB), sedangkan yang terakhir adalah Partai Garuda. [rin/but]

Tag : pemilu

Komentar

?>