Senin, 20 Agustus 2018

Parpol Daftarkan Bacaleg di Detik-detik Terakhir Penutupan

Rabu, 18 Juli 2018 00:34:47 WIB
Reporter : Temmy P.
Parpol Daftarkan Bacaleg di Detik-detik Terakhir Penutupan

Sumenep (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep hingga Selasa malam, belum menerima lengkap berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari 16 parpol.

"Sampai jam 22.30, belum lengkap 16 parpol yang menyerahkan berkas bacalegnya. Kami menunggu hingga batas akhir jam 24.00," kata Komisioner KPU Sumenep, Malik Mustafa, Selasa (17/7/2018).

Ia memaparkan, hampir seluruh parpol di Sumenep memilih untuk mendaftarkan bacalegnya di detik+detik terakhir pendaftaran. Saat H-1, tercatat hanya 1 partai yang mendaftar, yakni Nasdem. Sedangkan hari ini yang merupakan hari terakhir pendaftaran, jam 15.00 baru satu parpol lagi yang mendaftar, yakni PKPI.

"Setelah itu menyusul Partai Demokrat, Partai Berkarya, dan Partai Golkar. Kemudian baru susul menyusul partai lain. Partai-partai sebagian besar menumpuk di atas jam 20," terangnya.

Ia memaparkan, karena penyerahan berkas bacaleg oleh parpol sebagian besar dilakukan di masa akhir pendaftaran, maka konsekuensinya KPU harus kerja ekstra untuk melakukan verifikasi terhadap berkas yang masuk.

"Kami sudah menyiapkan empat tim untuk melakukan verifikasi berkas-berkas bacaleg yang masuk. Kami siap untuk kerja ekstra menuntaskan verfikasi ini," ucapnya.

Ia mengungkapkan, untuk menyelesaikan verifikasi berkas bacaleg satu parpol, sedikitnya dibutuhkan waktu 3 jam. Yang memerlukan waktu paling banyak adalah saat verifikasi kelengkapan dokumen calon yang dilakukan KPU bersama orang yang diberi mandat oleh partai untuk mendaftarkan bacaleg.

"Setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi kelengkapan dan keabsahan calon. Misalnya ijazah sah atau tidak, juga kelengkapan lain," terangnya.

Hasil verifikasi itu akan diinventarisir, dan disampaikan hasilnya pada parpol yang bersangkutan, untuk mendapatkan perbaikan bagi dokumen yang perlu diberbaiki. "Masa perbaikan dokumen kelengkapan calon paling lambat 18 Juli 2018," jelas Malik. [tem/suf]

Tag : pemilu

Komentar

?>