Senin, 10 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

KPUD Malang Kerahkan 2 Tim Verifikasi Berkas Caleg

Selasa, 17 Juli 2018 20:24:58 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
KPUD Malang Kerahkan 2 Tim Verifikasi Berkas Caleg

Malang (beritajatim.com) - Hingga Selasa (17/7/2018) sore Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Malang, sudah menerima berkas pencalonan anggota legislative (Caleg) ke 13 parpol dari 16 parpol.

Untuk mempercepat pemeriksaan dam verifikasi berkas, KPUD setempat menurunkan dua tim pemeriksa berkas pendaftaran Calon Anggota Legislative DPRD Kabupaten Malang.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko mengatakan, dua tim pemeriksa kelengkapan berkas persyaratan Caleg yang didaftarkan Parpol dimaksudkan untuk mempercepat proses pemeriksaan kelengkapan berkas persyaratan. Sehingga, apabila kedatangan Parpol ke KPU secara bersamaan maka tetap bisa dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas.

"Parpol tidak akan menunggu lama dalam proses pemeriksaan berkas pendaftaran caleg tersebut. Karena kita bentuk dua tim pemeriksaan berkas,” terang Santoko, Selasa (17/7/2018) sore.

Menurut Santoko, adanya dua tim pemeriksa berkas yang dikerahkan maka semua petugas KPU dilibatkan. Pihaknya juga tidak sampai mengambil petugas dari luar.

Santoko melanjutkan, dalam penerimaan berkas pendaftaran di KPU Kabupaten Malang sebenarnya bisa dilakukan sejak memasuki tahapan penyerahan berkas pendaftaran mulai 4 - 17 Juli 2018. Hanya saja, rupanya Parpol baru mulai menyampaikan berkas pendaftaran caleg dua hari menjelang waktu habis.

"Kemungkinan Parpol berupaya melengkapi data di Silon masing-masing yang juga harus selesai. Setelah itu baru mereka menyelesaikan berkas-berkas persyaratan caleg ke KPU," bebernya.

Di Kabupaten Malang sendiri, lanjut Santoko, ada 16 Parpol peserta Pemilu yang berhak mendaftarkan Caleg. Para Caleg tersebut akan memperebutkan kursi DPRD Kabupaten Malang yang terbagi di 7 daerah pemilihan (Dapil). Dimana enam Dapil dengan tujuh kursi dan satu dapil ada 8 kursi dengan 50 kursi DPRD Kabupaten Malang.

"Kursi DPRD tersebut yang akan diperebutkan oleh ratusan Caleg dari Parpol peserta Pileg 2019," tegasnya.

Hanya saja, imbuh Santoko, apabila sampai pukul 00.00 WIB hari ini ada Parpol yang belum menyerahkan berkas pendaftaran Caleg maka kemungkinan besar akan gagal bertarung dalam Pileg 2019 mendatang di Kabupaten Malang.
"Tapi kami berharap semua Parpol peserta Pileg hari ini semuanya menyerahkan berkas pendaftaran Caleg ke KPU, sehingga tidak ada Parpol yang gagal dalam Pileg di Kabupaten Malang," ucap Santoko.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Hari Sasongko menambahkan, langkah KPU dengan menerjunkan dua tim pemeriksa berkas pendaftaran caleg cukup baik. Dengan demikian, proses penyerahan berkas pendaftaran Caleg di KPU Kabupaten Malang waktunya tidak terlalu lama.

"Ini bagus menurut kami, cukup 30 menit pemeriksaan berkas caleg selesai dilakukan KPU," tutup Sasongko yang juga Ketua DPRD Kabupaten Malang itu. [yog/but]

Tag : pemilu

Komentar

?>