Kamis, 15 Nopember 2018

75 ASN Pamekasan Ajukan Cuti Haji

Jum'at, 13 Juli 2018 11:53:51 WIB
Reporter : Samsul Arifin
75 ASN Pamekasan Ajukan Cuti Haji

Pamekasan (beritajatim.com) - Sebanyak 75 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pamekasan, tercatat sebagai Jemaah Calon Haji (JCH) dan mengajukan cuti guna menjalankan ibadah haji ke tanah suci Makkah.

Jumlah tersebut terdiri dari para ASN yang berasal dari berbagai instansi pemerintahan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, sebagian besar di antara mereka merupakan tenaga pendidik atau guru. Sehingga penyelesaian administrasi harus segera dirampungkan.

"Sebanyak 75 ASN mengajukan cuti untuk melaksanakan ibadah haji, karena sebelum berangkat (syarat administrasi) harus rampung," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Pamekasan Lukman Hedi Mahdia, Jum'at (13/7/2018).

Namun dari jumlah tersebut, terdapat beberapa ASN yang hingga saat ini belum mengajukan cuti. Sehingga pihaknya berharap mereka segera mengurus izin cuti sebelum berangkat menunaikan ibadah rukun Islam kelima. "Sebelum berangkat harus menyelesaikan izin administrasi, karena jemaah dijadwalkan berangkat tanggal 20 Juli (2018)," ungkapnya.

Saat ini tercatat sebanyak 885 JCH asal Pamekasan, namun empat di antaranya dipastikan gagal berangkat melaksanakan ibadah haji. Sebanyak tiga jemaah meninggal dunia dan satu di antaranya hamil muda, sehingga totol jemaah saat ini tercatat sebanyak 881 JCH.

JCH Pamekasan nantinya bakal dibagi ke dalam dua kelompok terbang (kloter), meliputi sebanyak 442 jemaah untuk kloter 12 dan sebanyak 439 jemaah untuk kloter 13. Mereka dijadwalkan berangkat dari Masjid Agung Asy-Syuhada' menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jum'at (20/7/2018) mendatang.

Sebelumnya, pihak Kemenag Pamekasan melalui Kasi Haji dan Umroh Afandi menyampaikan bahwa tiga jemaah yang meninggal dunia bakal dialihkan kepada ahli waris. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa berangkat pada tahun ini, jika tidak mereka dipastikan berangkat pada 2019 mendatang termasuk satu orang yang gagal berangkat karena hamil muda. [pin/kun]

Komentar

?>