Jum'at, 21 September 2018

PAN Nilai 'Perahu' Jokowi Terlalu Sesak

Jum'at, 13 Juli 2018 09:01:51 WIB
Reporter : Hendra Brata
PAN Nilai 'Perahu' Jokowi Terlalu Sesak

Jakarta (beritajatim.com) - Setidaknya sudah empat partai yang secara resmi mencalonkan Presiden Joko Widodo untuk kembali maju sebagai calon presiden dalam pemilu 2019. Partai Amanat Nasional (PAN) menilai, 'perahu' pengusung Jokowi sudah terlalu sesak.

"Jadi kalau PAN melihat ini, kami dari Pak Jokowi sudah cukup partainya, perahunya sudah cukup, bahkan istilah saya sudah sangat sesak," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto, kemarin.

Menurutnya, yang mendukung Presiden Jokowi juga merupakan partai besar dan jumlah kursi sudah lebih 20 persen seperti yang disyaratkan UU. Karenanya, PAN ingin berhikmat supaya Republik yang sebelumnya luar biasa banyak ini tidak gagap Demokrasi artinya tidak calon tunggal.

"Sudah tergambar di pihak Pak Jokowi yang sudah mendeklarasikan, baik partai parlemen maupun non parlemen yang partai baru banyak sekali dari segi syarat sudah mencukupi," kata Yandri.

Sekretaris Fraksi PAN DPR ini juga mengatakan tinggal Partai Demokrat, PKB, PAN, PKS, dan Gerindra belum memastikan bergabung atau tidak. Dia menilai, dari kelima partai yang tersisa masih memungkinkan mengajukan dua calon presiden lagi.

Namun, jika ada satu partai saja yang ikut bergabung, maka bisa dipastikan calon presiden maksimal ada dua pasang. "Yang  jelas yang dari 5 partai ini masih bisa menyisakan dua pasangan calon. Apakah itu bisa terwujud atau tidak saya kira faktor penting ini menjadi kesepakatan 5 partai ini," ujar Yandri. [hen/suf]

Tag : pilpres 2019

Komentar

?>