Jum'at, 16 Nopember 2018

Begini Pelaksanaan Hari Ketiga TMMD di Gresik

Kamis, 12 Juli 2018 19:31:59 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Begini Pelaksanaan Hari Ketiga TMMD di Gresik

Gresik (beritajatom.com) - Di hari ketiga pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 102 yang bertempat di Desa Ngampel, Kecamatan Balongpanggang, Gresik mengoptimalkan menggarap waduk irigasi.

Tujuan menggarap irigasi selain untuk pengairan juga sebagai pencegah banjir, pembangkit tenaga listrik, juga untuk pensuplai air bagi kebutuhan irigasi pertanian. Sehingga, normalisasi waduk sangat bermanfaat bagi kesinambungan pangan, dan ekonomi petani.

"Normalisasi, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi waduk serta jalan usaha tani ini bermula dari saran dari masyarakat tentang pemanfaatan waduk yang kurang maksimal karena mengalami pendangkalan terutama terhadap sektor pertanian," ujar Dandim Gresik Letkol Kav Widodo Pujianto, Kamis (12/07/2018).

Sebagai selaku satuan kewilayahan lanjut Widodo Pujianto, TNI berperan
menampung aspirasi masyarakat dan menindaklanjuti untuk diajukan ke Pemkab Gresik.

"Perbaikan waduk ini masuk dalam sasaran pokok TMMD Ke-102. Sebab,
waduk tersebut sangat strategis karena di Desa Ngampel ada sekitar 142 hektar dan menjadi kawasan pertanian. Sementara 70 hektar belum terairi terutama untuk irigasi pertanian karena pintu air mengalami pendangkalan. Sehingga,  dengan perbaikan waduk ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian serta mendukung program pemerintahan tentang swasembada pangan," ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Ngampel Abdul Rochim menuturkan sebagai pimpinan desa. Keberadaan TMMD sangat positif karena telah menampung aspirasi masyarakat Desa Ngampel sehingga kesulitan tentang masalah irigasi persawahan yang berasal dari Waduk bisa teratasi.

"Waduk ini membutuhkan volume debit air yang lebih banyak. Dari desa mengajukan keluhan masyarakat untuk pendalaman waduk seluas 3,5 hektar. Sehingga, setelah dibangun bisa mengairi persawahan," tandasnya. [dny/kun]

Tag : tni

Komentar

?>