Senin, 22 Oktober 2018

Ratusan Relawan Tuban Digembleng Penanggulangan Bencana

Rabu, 11 Juli 2018 23:41:53 WIB
Reporter : M Muthohar
Ratusan Relawan Tuban Digembleng Penanggulangan Bencana

Tuban (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban memberikan pelatihan terhadap sedikitnya 200 relawan bencana yang berasal dari berbagai desa, Rabu (11/7/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yang berlangsung di pantai Magrove Center, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pelatihan itu dibuka langsung oleh Bupati Tuban Fathul Huda.

Pelatihan untuk relawan bencana tersebut berlangsung sejak 10 Juli 2018 sampai 12 Juli 2018. Para peserta digembleng berbagai materi mulai dari pemadaman kebakaran, penyelamatan korban dari air dan ketinggian serta materi lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan relawan dalam mendukung dan mewujudkan ketangguhan masyarakat terhadap bencana. Selain itu untuk kesiapsiagaan dan kewaspadaan," terang Joko Ludiono, Kepala BPBD Kabupaten Tuban.

Joko menjelaskan, sejauh ini pihaknya memiliki 570 relawan terlatih yang tersebar di hampir seluruh desa yang ada di Kabupaten Tuban. Tak hanya itu, BPBD juga membuat kantor Sekretariat Bersama (Setber) di Kecamatan Montong dan Kecamatan Plumpang. "Kedepan, Setber ini akan didirikan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban," tambahnya.

Dalam pembukaan pelatihan Bupati Fathul Huda menyampaikan bahwa peran masyarakat sangat penting dalam mengurangi resiko bencana. Sehingga BPBD harus mengoptimalkan peran relawan yang berasal dari masyarakat.

"Untuk memaksimalkan upaya mitigasi bencana, perlu adanya partisipasi masyarakat guna meminimalisir resiko bencana dan korban. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran relawan yang berasal dari masyarakat itu sendiri," kata bupati.

Bupati meminta kepada ratusan relawan yang menjalani pelatihan selama tiga hari untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan. Dengan begitu, diharapkan para relawan semakin mahir dan kompeten saat melakukan serangkaian penanggulangan bencana. [mut/suf]

Tag : bencana alam

Komentar

?>