Rabu, 14 Nopember 2018

Tak Kunjung Umumkan Cawapres, Ini Strategi Jokowi

Rabu, 11 Juli 2018 09:45:36 WIB
Reporter : -
Tak Kunjung Umumkan Cawapres, Ini Strategi Jokowi

Jakarta (beritajatim.com)- Meski mengaku sudah mengantongi nama calon wakil presiden sejak beberapa hari lalu, Jokowi belum kunjung menyebutkan nama hingga kini.

Jokowi, seakan sengaja untuk 'memancing' reaksi politik dari ucapannya kala itu.

"Saya kira Jokowi dan tim menunggu pergerakan politik dari tokoh lain terutama dari kubu non pemerintahan," kata Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, Selasa (10/7/2018).

Sebab Arya menyebut, kubu non pemerintah seperti Prabowo dan juga SBY, belum menunjukan sikap berkoalisi atau berjalan sendiri-sendiri di Pilpres 2019. "Itu memang sengaja ditunggu untuk melihat perkembangan politik," ungkapnya.

Selain itu Arya menilai, penentuan cawapres Jokowi juga cukup pelik. Mengingat ada setidaknya 10 nama yang masuk daftar cawapres.

Jika salah pilih cawapres, Jokowi bukan tidak mungkin ditinggal partai koalisinya. Setidaknya, tiga parpol resmi mengajukan kadernya sebagai cawapres Jokowi.

Airlangga dari Golkar, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari PKB, serta Romahurmunziy dari PPP. Dengan alasan tersebut, Arya menganggap Jokowi akan butuh waktu lebih untuk memilih cawapres, sekaligus memastikan dukungan koalisi tak bubar siapapun cawapres Jokowi nanti.

"Makanya Jokowi menunggu juga negosiasinya agar tidak ada koalisnya tidak WO (Walk Out)," tandasnya. [inilah.com]

Tag : pilpres 2019

Komentar

?>