Rabu, 14 Nopember 2018

Ini Kata Suko Widodo tentang Sosok Cawapres Bagi Jokowi

Minggu, 08 Juli 2018 20:35:09 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Ini Kata Suko Widodo tentang Sosok Cawapres Bagi Jokowi
Pakde Karwo, Aher, Cak Imin, dan TGB. [Foto: Ibnu/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Pilpres 2019 sudah di depan mata. Meski demikian, sosok calon Wakil Presiden yang kelak akan mendampingi Presiden Jokowi pada pesta demokrasi akbar di tahun depan itu hingga kini belum menemukan titik terang.

Beberapa nama memang sudah mulai santer disebut-sebut dan bahkan mendeklarasikan diri untuk akan menjadi cawapres bagi Presiden Jokowi. Sebut saja nama Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang sudah terang-terangan mendeklarasikan diri atau Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB), Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo yang juga turut masuk dalam arena bursa Cawapres Presiden Jokowi, karena kepiawaian dan kapasitas mereka di bidang pemerintahan.

Lalu bagaimana menurut pengamat politik? Pengamat sekaligus pakar komunikasi politik asal FISIP Unair Surabaya, Dr Suko Widodo, menganggap bahwa sosok yang akan mendampingi Presiden Jokowi nantinya harus merupakan tokoh yang paham tentang bagaimana mengelola pemerintahan.

“Secara hitungan politis, kalau TGB ini memiliki dukungan suara yang kuat di luar Jawa dan kekuatan muslim. Di samping itu, dukungan tersebut juga bisa dimaknai sebagai pesan adanya hasrat untuk menjadi Cawapres Pak Jokowi,” kata Suko.

"Meski dukungan muslim kuat, yang juga harus menjadi catatan adalah kekuatan besar pilpres itu ada di Pulau Jawa. Karena jumlah pemilih pilpres terbesar di Jawa, sekitar 53%. Sementara di Jawa, TGB belum memiliki basis kuat,” jelasnya.

Di sisi lain, pria yang akrab disapa Sukowi ini juga beranggapan bahwa perwakilan dari kalangan muslim ataupun politisi saja tidak cukup untuk bisa menjadi Cawapres bagi Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Sangat diperlukan adanya sosok yang paham pemerintahan dan kesejahteraan atau ekonomi.

"Mereka yang memiliki kriteria itu bisa tokoh yang berkarir di pemerintahan seperti Menteri atau Gubernur. Kemungkinan bisa Gubernur Jawa Timur Pakde Karwo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, atau Gubernur Jabar Ahmad Heryawan," ujar Suko.

"Karena paling mudah dan realistis adalah Pak Jokowi ambil Wakil Presiden dari Gubernur yang berhasil," tegas Suko. [ifw/air]

Tag : pilpres 2019

Komentar

?>