Jum'at, 21 September 2018

Pilpres 2019, Gerindra Jatim Satu Barisan dengan Kiai Sepuh

Minggu, 08 Juli 2018 19:46:41 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Pilpres 2019, Gerindra Jatim Satu Barisan dengan Kiai Sepuh

Surabaya (beritajatim.com)-- Antropolog politik asal FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Linggar Rama Dian Putra, menilai kegiatan Safari Pondok Pesantren yang dilakukan oleh jajaran DPD Partai Gerindra Jawa Timur merupakan langkah strategis, terlebih untuk menyambut Pilpres 2019.

"Kiai yang banyak tersebar di Jawa Timur memiliki peran lumayan sentral. Mereka adalah tokoh-tokoh yang didengar pendapatnya bagi banyak masyarakat Jawa Timur. Jadi ya bisa dibilang begitu, ini langkah strategis," kata Linggar kepada beritajatim.com, Minggu (8/7/2018).

"Lebih jauh lagi, para kiai ini juga merupakan sosok sentral bagi kehidupan bermasyarakat di Jawa Timur. Dekat dan berhubungan baik dengan para kiai ini bisa jadi image yang bagus di masyarakat," tambahnya.

Di sisi lain, Linggar juga berpendapat bahwa Safari Ponpes juga dapat dilihat bahwa Partai Gerindra telah bersiap penuh untuk menyongsong Pilpres 2019. "Bisa jadi ini Gerindra sudah siap tancap gas langsung," jelasnya.

"Mereka sadar secara penuh bahwa Pilkada 2018 ini bukan titik akhir. Apapun hasilnya, gong dari pemilu ini adalah pilpres. Jadi, mereka telah bersiap melangkah maju," lanjut Linggar.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Soepriyatno mengungkapkan bahwa dia bersama jajarannya akan tetap senantiasa tunduk dan patuh kepada arahan para kiai sepuh. Hal itu ditunjukkan, salah satunya, dengan menggelar Safari Pondok Pesantren yang dilakukan dia bersama Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad.

Dua tokoh Gerindra Jawa Timur itu berkeliling ke berbagai Pondok Pesantren seperti PP Sidogiri, PP Bumi Shalawat, PP Ploso Kediri, dan PP Lirboyo Kediri. Kegiatan itu dilakukan mulai hari Kamis (5/7/2018) sampai Jumat (6/7/2018).

"Kami Partai Gerindra siap menjaga marwah kiai sepuh untuk tetap menjadi sumber inspirasi dan pendulum utama dalam semua sendi kehidupan," tegas Soepriyatno.

"Bahkan, keberpihakan Gerindra ke Gus Ipul pada Pilgub Jatim semata-mata karena sikap tawadhu pada kiai sepuh. Hingga saat ini hal itu tidak berubah. Kami tetap menjaga rasa hormat dan tawadhu pada kiai sepuh dan tetap akan satu barisan dengan para kiai," tegasnya. [ifw/air]

Komentar

?>