Rabu, 26 September 2018
Dibutuhakn Wartawan Kriminal untuk ditempatkan di Surabaya Kirim Lamaran ke beritajatim@gmail.com

Pilgub Jatim

Partisipasi Pemilih di Tuban Tak Penuhi Target

Jum'at, 06 Juli 2018 23:51:19 WIB
Reporter : M Muthohar
Partisipasi Pemilih di Tuban Tak Penuhi Target

Tuban (beritajatim.com) - Tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Tuban dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mengalami peningkatan tipis dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilihan Bupati (Pilbup) 2015.

Pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini, angka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya meningkat sekitar 7 persen. Yakni partisipasi warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) mencapai 59 persen dari jumlah daftar pemilih yang ada.

Data yang dihimpun beritajatim.com, daftar pemilih di Kabupaten Tuban mencapai 926.703 orang. Masyarakat yang hadir di TPS guna menyalurkan hak suaranya sebanyak 545.270 orang.

"Untuk Pilgup Jatim, berdasarkan penghitungan partisipasi masyarakat sekitar 59 persen. Meningkat 7 persen dari pada Pilbup 2015," terang Kasmuri, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban.

Meski mengalami peningkatan, tingkat partisipasi masyarakat Tuban dalam Pilkada dinilai masih belum sesuai dengan target. Padahal sosialisasi terus dilakukan oleh KPU Tuban dengan berbagai cara. Tujuannya, mengajak masyarakat datang ke TPS menggunakan hak suara.

"Kalau target dari KPU RI adalah 77,5 persen. Kita sudah berusaha melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk datang ke TPS," sambungnya.

Sementara itu, menurut Panwaslu Kabupaten Tuban, dengan adanya peningkatan partisipasi masyarakat menunjukan mulai adanya kesadaran politik. Sedangkan dalam pelaksanan Pilgub Jatim 2018 di Tuban pihak Panwaslu Tuban tidak mendapatkan laporan adanya pelanggaran.

"Semua proses berjalan dengan baik. Tidak ada laporan pelanggaran yang berarti selama Pilgup. Terkait dengan temuan kita tujukan ke KPU, agar semakin meningkatkan kinerjanya pada persiapan pelaksanaan Pemilu 2019," ujar Sulamul Hadi, anggota Panwaslu Kabupaten Tuban. [mut/suf]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>