Jum'at, 20 Juli 2018

Panwaslu Kota Mojokerto Kantongi 50 Nama Broker Money Politic

Senin, 25 Juni 2018 21:44:58 WIB
Reporter : Misti P.
Panwaslu Kota Mojokerto Kantongi 50 Nama Broker Money Politic

Mojokerto (beritajatim.com) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mojokerto mengantongi 50 nama broker money politic yang disinyalir bakal membagikan uang sebelum pencoblosan yang dilakukan tanggal 27 Juni nanti.

Sebanyak 50 nama broker money politic tersebut dari intentifikasi pihaknya terkait praktik money politik. Dari 219 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Mojokerto, terdapat kerawanan money politic sedikitnya di 47 TPS.

Ketua Panwaslu Kota Mojokerto, Elsa Fifajanti mengatakan, pihaknya mengoptimalkan kinerja petugas pengawas di masing-masing TPS. "Ada sejumlah potensi pelanggaran dan kerawanan, salah satunya praktik money politic," ungkapnya, Senin (25/6/2018).

Masih kata Elsa, tak hanya mengidentifikasi TPS rawan money politic, pihaknya juga mendeteksi orang per orang yang diduga menjadi broker untuk membagikan uang kepada pemilih. Ada sekitar 50 orang yang teridentifikasi bakal melakukan praktik money politic.

"Sebanyak 50 orang tersebut tersebar di banyak TPS, kita kantongi nama dan alamatnya. Pengawas TPS akan awasi secara ketat dan temuan ini sudah kita sampaikan kepada aparat penegak hukum dan keamanan karena menyangkut keamanan petugas kita di lapangan juga," katanya.

Elsa menambahkan, jika pihaknya juga mendapat banyak laporan melalui aplikasi percakapan whatsapp tentang terjadinya praktik money politic. Namun, pesan yang masuk melalui telepon selulernya itu tak menunjukkan identitas resmi pelapor.

"Ada banyak laporan pembagian uang tapi ketika pelapor itu kita mintai identitasnya, tidak menjawab. Setiap ada pengaduan, langsung kita diteruskan kepada petugas pengawas TPS untuk ditindaklanjuti. Temuan ini akan kita proses hukum sesuai aturan," tuturnya.

Pihaknya berharap pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Mojokerto dan tim suksesnya tidak melakukan money politic agar Pemilihan Walikota (Pilwali) Mojokerto berjalan aman dan fair.[tin/kun]

Komentar

?>