Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Gus Ipul Hadiri Haul KH Mohammad Hasan ke-63 di Probolinggo

Senin, 25 Juni 2018 17:18:25 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Gus Ipul Hadiri Haul KH Mohammad Hasan ke-63 di Probolinggo

Probolinggo (beritajatim.com) - Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri Haul Almarhum KH Mohammad Hasan bin Syamsuddin bin Qoiduddin ke-63 di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo, Senin (25/6/2018).

Gus Ipul menyampaikan pentingnya hadir di peringatan wafatnya para aulia, guru dan kiai. Yakni, untuk menyambungkan secara tegak lurus ummat dengan para aulia, guru dan kiai, utamanya soal akidah.

Caranya, lanjut Gus Ipul, yaitu lewat aktualisasi tahlilan, manakiban serta shalawatan. "Dengan mengumandangkan Yasin, Tahlil, Rotibul 'Atthos serta Shalawat Nabi Besar Muhammad SAW, mudah-mudahan kita semua tersambung dan mendapatkan syafaat atau pertolongannya, sampai pada akhirnya bersama-sama menghadap ke SurgaNya Allah SWT," imbuhnya.

Menurut Gus Ipul, makna lain diadakannya haul adalah untuk menambah ilmu dan mendapatkan kepahaman dari suatu permasalahan. Karena, orang yang bertambah ilmunya akan dimudahkan oleh Allah SWT untuk memahami, mencintai dan menyebarkan kebaikan hingga mendapatkan barokah.

Pada kesempatan yang sama, KH Hasan Syaiful Islam sebagai wakil keluarga mengajak hadirin untuk memperkuat pengetahuan tentang hukum Islam. Karena lewat pengetahuan tersebut dapat semakin memahami kitab-kitab orang sholeh.

"Bila santri telah malas untuk belajar Agama Islam, maka disarankan untuk membaca sejarah-sejarah orang sholeh. Mereka merasa terhibur hingga akhirnya akan diberikan kelembutan hati sebagaimana hati orang-orang sholeh," pesannya.

Haul Almarhum KH. Muhammad Hasan bin Syamsuddin bin Qoiduddin ke-63 tersebut dihadiri ribuan jemaah, mulai dari para kiai, aulia, guru agama, serta alumni PP Zainul Hasan Probolinggo. Terlihat dalam acara itu adalah KH Hasan Mutawakil Alallah dan Hasan Aminuddin, anggota DPR RI yang juga mantan Bupati Probolinggo dua periode. (tok/kun)

Komentar

?>