Rabu, 26 September 2018
Dibutuhkan Wartawan Bidang Hukum dan Kriminal untuk ditempatkan di Surabaya, kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Besok Batas Akhir Pembersihan Alat Peraga Kampanye di Malang

Senin, 25 Juni 2018 17:07:01 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Besok Batas Akhir Pembersihan Alat Peraga Kampanye di Malang

Malang (beritajatim.com) - Panitia Pengawas Pemilu Kota Malang menegaskan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kota Malang, akan rampung pada Selasa besok, (26/6/2018).

"Pembersihan sebenarnya dilakukan sejak 24 Juni sampai sekarang. Tapi ada sebagian yang belum. Kami targetkan besok seluruh APK rampung dibersihkan atau diturunkan oleh petugas," kata Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Malang, Iwan Sunaryo, Senin, (25/6/2018).

Iwan mengatakan dalam tiga hari ini, Panwaslu bersama petugas gabungan terdiri dari Satpol PP Kota Malang, Polres Malang Kota dan TNI akan membersihkan seluruh APK yang masih terpasang. APK yang dimaksut adalah banner, spanduk hingga stiker.

"Lokasi serentak diseluruh Kota Malang kita gerakkan di setiap kecamatan. Operasi ini bersifat gabungan, setiap kecamatan ada 20 petugas gabungan yang disiagakan untuk membersihkan APK," ucap Iwan.

Iwan mengatakan kendala yang dihadapi oleh petugas adalah jumlah APK yang terpasang terlalu banyak. Jumlah petugas yang ada tidak memadahi, sehingga pembersihan APK membutuhkan waktu tiga hari.

"Target mulai kemarin sapu bersih, karena jumlah apk yang terpasang terlalu banyak. Dibilang kekurangan personil juga tidak. Tapi karena ada waktu tiga hari harus dimanfaatkan. Kemarin itu ditempat yang masuk ke kampung-kampung dengan kendaraan Satpol PP cukup besar, butuh waktu cukup lama," papar Iwan.

Rencananya di hari terakhir pembersihan APK besok. Panwaslu akan menurunkan baliho besar yang terpasang di jalan-jalan utama. Selain itu, APK yang terpasang di kantor partai maupun posko pemenangan juga harus diturunkan.

"Besok pagi ambil APK di baleho tinggi, karena tidak bisa manual tapi pakai crane, besok tuntas semua. Di posko kemenangan juga kita minta diturunkan. Kalau didalam rumah kita minta izin, karena sudah masuk masa tenang harus diturunkan yang bersifat kampanye," tandasnya. (luc/ted)

Komentar

?>