Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Panwaslu Identifikasi TPS Rawan Politik Uang di Jombang

Senin, 25 Juni 2018 08:59:05 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Panwaslu Identifikasi TPS Rawan Politik Uang di Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Panwaslu Kabupaten Jombang melakukan pemetaan TPS (tempat pemungutan suara) yang rawan menjelang digelarnya Pilkada serentak 27 Juni 2018. Dari pemetaan itu diketahui terdapat belasan TPS yang rawan money politic atau politik uang.

Belasan TPS yang rawan politik uang itu berada di empat kecamatan, yakni Bandar Kedungmulyo, Jombang, Mojoagung, serta Perak. Pernyataan itu ditegaskan anggota Panwaslu Jombang, Ahmad Udy Masjkur, Senin (25/6/2018).

Udy mengatakan, sejumlah TPS tersebut dikatakan rawan politik uang bukan tanpa sebab. Salah satunya karena di lokasi tersebut terdapat aktor politik uang (bohir, cukong, broker, dll). "Ada sekitar 13 TPS yang rawan politik uang," kata Udy merinci.

Udy menambahkan, selain belasan TPS rawan politik uang, juga terdapat ratusan TPS yang menyimpan karwanan lainnya. Termasuk ditemukannya dugaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang belum mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"TPS rawan adalah setiap peristiwa yang menganggu pelaksanaan pemungutan suara di TPS. Yang berdampak pada hilangnya hak pilih, mempengaruhi pilihan pemilih dan mempengaruhi hasil pemilihan," lanjutnya. [suf]

Komentar

?>