Jum'at, 20 Juli 2018

Keren, Lumpur Sidoarjo Dikitari Bendera Merah Putih

Sabtu, 23 Juni 2018 18:35:44 WIB
Reporter : M. Ismail
Keren, Lumpur Sidoarjo Dikitari Bendera Merah Putih

Sidoarjo (beritajatim.com) - Ratusan Taruna Merah Putih mengibarkan bendera Merah Putih diatas tanggul kolam penampungan lumpur sepanjang 1.218 meter, Sabtu (23/6/2018).

Bendera dengan lebar 125 centimeter ditancapkan mulai pintu masuk tanggul area Kelurahan Siring Kec. Porong sampai pintu masuk tanggul area Desa Ketapang Kec. Tanggulangin.

Satu orang taruna yang notabene kader DPC PDI Perjuangan Kab. Sidoarjo, sejarak 5 meter berdiri berjajar memanjang memegang bendera yang diikatkan tiang.

Mereka memegangi secara erat dari hempasan angin kencang yang menyelimuti kawasan tanggul lumpur yang menyembur di bekas area Sumur Banjar Panji l milik Lapindo Brantas Inc.

Hadir dalam pengibaran bendera Merah Putih itu, anggota DPR RI dari PDIP Indah Kurnia, Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi, Ketua DPC PDIP Kab. Sidoarjo Tito Pradopo dan anggota politisi PDIP lainnya.

Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi mengatakan, bendera ini dikibarkan sebagai bentuk menghormati bulan Bung Karno. Dalam sejarah, Bung Karno dilahirkan pada 6 Juni dan meninggal pada 21 Juni.

"Dan perlu diketahui, tanggal 1 Juni 1945 pertama kali Bung Karno di hadapan Panitia Persiapan Kemerdekaan menyampaikan rancangan ideologi negara yaitu Pancasila," katanya.

Tujuan, sambung Kusnadi tak lain adalah mengenang dan mengingat tentang perjuangan proklamator dan para pahlawan yang sudah berjuang tanpa pamrih.

"Mengenang dan mengingat perjuangan harus selalu dilakukan oleh para penerus atau generasi bangsa," imbuhnya.

Kenapa dipilih lokasinya tanggul kolam penampungan lumpur? Kusnadi menjelaskan, karena di wilayah ini penuh kenangan. Di mana kemudian akibat dari apa yang namanya semburan lumpur ini begitu banyak masyarakat yang menderita.

"Oleh karena itu kita berharap bahwa siapapun kita jangan sampai melupakan apa yang pernah dialami oleh masyarakat sendiri, seperti halnya kejadian semburan lumpur ini," jelas anggota DPRD Jatim itu.

Ketua DPC PDIP Kab Sidoarjo Tito Pradopo menuturkan, dalam mewujudkan bendera Merah Putih sepanjang 1.218 meter itu, dikerjakan dengan melibatkan 10 penjahit. Untuk memenuhi kebutuhan kain, didapatkan dari Surabaya dan Sidoarjo. "Bendera Merah Putih dikerjakan tuntas selama tiga hari," papar Tito. [isa/but]

Tag : soekarno

Komentar

?>