Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

LSI: Kepribadian Dhafir-Hidayat Lebih Disukai Masyarakat Bondowoso

Sabtu, 23 Juni 2018 00:51:09 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
LSI: Kepribadian Dhafir-Hidayat Lebih Disukai Masyarakat Bondowoso

Bondowoso (beritajatim.com) - Apa yang membuat masyarakat Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, memilih kandidat tertentu dalam pemilihan bupati dan wakil bupati?

Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang dipimpin Denny Januar Ali, di Hotel Ijen View, Bondowoso, Jumat (22/6/2018), menemukan sejumlah data.

"Survei ini digelar pada 31 Mei - 4 Juni 2018 dengan metode multistage random sampling dan tingkat kesalahan 4,8 persen," kata Supervisor LSI Meitrisya Aprodite, dalam rilisnya.

Dari hasil survei terhadap 440 responden tersebut, Ahmad Dhafir dan Hidayat mendapat dukungan 54,3 persen. Sementara pasangan Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar Rachmat mendapat dukungan 31,6 persen.

Partai pendukung ternyata bukan faktor signifikan bagi responden untuk memilih kandidat tertentu, yakni hanya 1,14 persen. Begitu juga kesamaan latar belakang responden dengan kandidat, yakni hanya menjadi pilihan 7,95 persen responden. Usia juga tidak jadi pertimbangan dan hanya jadi pilihan 7,5 persen responden.

Mayoritas responden, sekitar 37,5 persen, menunjuk kepribadian calon tertentu sebagai pertimbangan. Sebanyak 22,73 persen responden menyebut kemampuan calon dalam memecahkan masalah di Bondowoso. Program menjadi pertimbangan bagi 20,45 persen untuk memilih kandidat tertentu.

Ada empat aspek ketokohan yang ditanyakan kepada responden. Seluruh aspek itu dimenangkan Dhafir-Hidayat. Sebanyak 72 persen responden menyebut mereka pintar. Lebih unggul daripada Salwa-Irwan yang dianggap pintar oleh 70,2 persen responden.

Dhafir-Hidayat juga dianggap berwibawa oleh lebih banyak responden (70,5 persen) dibandingkan Salwa-Irwan (65 persen). Dalam hal pengambilan keputusan dengan tegas, Dhafir-Hidayat juga lebih unggul (66,8 persen) daripada Salwa dan Irwan (60,7 persen).

Dalam aspek perhatian terhadap rakyat, lebih banyak responden menganggap Dhafir-Hidayat lebih unggul yakni 66,4 persen dibandingkan Salwa dan Irwan (56,8 persen). [wir/suf]

Komentar

?>