Minggu, 18 Nopember 2018

Survei SSC: Khofifah Unggul di Madura, Mataraman dan Pantura Barat

Jum'at, 22 Juni 2018 17:32:32 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Survei SSC: Khofifah Unggul di Madura, Mataraman dan Pantura Barat

Surabaya (beritajatim.com) - Rekap hasil survei dinamika perilaku pemilih pada detik-detik jelang Pilgub Jatim 2018 yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) pada Juni 2018 ini menyuguhkan peta dukungan sub-kultur pada dua pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur yang signifikan untuk keduanya.

Baik Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti mengalami peningkatan. Meski demikian, peningkatan mutlak berada di kubu pasangan calon dengan nomor urut 1, Khofifah-Emil.

Di Mataraman misalnya, Direktur SSC Mochtar W Oetomo mengatakan bahwa elektabilitas pasangan Gus Ipul-Puti di wilayah ini hanya berada di kisaran 43.6 persen. Sedangkan pasangan Khofifah-Emil unggul dengan perolehan 48 persen serta menyisakan 8.4 persen undecided voters.

"Sementara Khofifah-Emil unggul mutlak dengan 55.5 persen di Madura. Di sana, Gus Ipul-Puti hanya memperoleh 28.2 persen dan undecidee voters sebesar 16.3 persen," jelas Mochtar pada acara rilis hasil survey SSC, Jumat (22/6/2018).

Selain wilayah Madura, pasangan Khofifah-Emil juga unggul mutlak di area Pantura Barat. Pasangan ideal senior-junior ini memperoleh suara dari 49.6 persen serta hanya menyisakan 34.8 persen bagi pasangan Gus Ipul-Puti dan 15.6 persen sisanya merupakan undecided voters.

Sebagai informasi, survei dengan metode multistage random sampling ini dilakukan pada tanggal 4 -13 Juni 2018 di 38 Kabupaten/Kota di Jatim. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan margin of error +/-3 persen, level of confidence 95 persen dan jumlah sampel 1.070 responden. Sebagai bentuk kendali mutu, survei ini di lengkapi dengan spot check, callback hingga intensive control. [ifw/kun]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>