Minggu, 18 Nopember 2018

Bikin Heboh, Ribuan Penjaga Toko Serbu Gus Ipul di TP

Selasa, 19 Juni 2018 12:05:44 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Bikin Heboh, Ribuan Penjaga Toko Serbu Gus Ipul di TP

Surabaya (beritajatim.com)--Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kembali mengenalkan konsep pembangunan berbasis 'Perubahan Berkelanjutan' yang ia gagas dalam pencalonannya.

Di antaranya kala hadir pada acara silaturrahim bertajuk Halal Bihalal bersama ribuan karyawan dan penjaga toko di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Selasa (19/6/2018).

Gus Ipul tak sendiri, ia datang bersama penyanyi papan atas, Charlie Vanhouten.

"Teman-teman pasti tidak lupa, kalau urusan pilgub, pasti coblos nomor dua," kata Sutandi Purnomosidi, Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola TP membakar semangat ribuan karyawannya.

Gus Ipul menyebut bahwa selama ini banyak pencapaian Jawa Timur di berbagai bidang. Termasuk penyerapan angka tenaga kerja yang selalu meningkat di tiap tahunnya.

Semisal pada 2017 silam, hingga Agustus 2017 jumlah angkatan kerja meningkat 20,94 juta orang (4,93 persen). Serapan angkatan kerja meningkat sebesar 5,15 persen (20,10 juta orang).

Angka pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurunan menjadi 4,00 persen dan tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) meningkat menjadi 68,78 persen.

Lapangan pekerjaan di Jatim terdiri dari sektor pertanian, perdagangan, industri pengolahan, dan jasa kemasyarakatan masih menjadi penyumbang terbesar penyerapan tenaga kerja.

"Trend penurunan inilah yang akan kami lanjutkan. Serta, dengan memberikan berbagai perubahan yang menyempurnakan. Sehingga, penyediaan lapangan kerja bisa semakin dimaksimalkan," tegas Gus Ipul.

Untuk mengatasi angka pengangguran yang masih menyisakan empat persen, Gus Ipul telah menyiapkan program penyediaan lapangan kerja yang dikenal dengan Peluang Kerja Di mana-mana (Pak Kardiman).

Di antaranya dengan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Tipe A di Lima Kawasan (Dua di Pulau Madura, tiga di wilayah lainnya). Kemudian, mendirikan pusat-pusat pengembangan kewirausahaan di wilayah-wilayah yang memiliki perguruan tinggi.

Untuk memberikan stimulan membangunkan jiwa wirausaha, kandidat yang berpasangan dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno ini juga menyiapkan program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yakni Superstar atau Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up.

Nantinya, melalui program ini pemerintah akan mengawal jiwa wirausaha masyarakat melalui pemberian modal, peningkatan keahlian, hingga pendampingan pemasaran.

"Penciptaan lapangan kerja menjadi penting. Kami mengajak anak muda, bukan hanya mencari kerja, namun juga menciptakan lapangan kerja," tukas Gus Ipul yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini.

"Kami mendorong anak muda menciptakan industri kreatif. Saat ini, Jawa Timur berada di peringkat kedua nasional setelah Jawa Barat," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Acara halal bihalal pun semakin semarak ketika Charlie menyanyikan belasan lagu termasuk lagu dukungan untuk Gus Ipul dan Mbak Puti berjudul 'Wa Guriwa dan Kabeh Sedulur'. [tok/air]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>