Sabtu, 17 Nopember 2018

Ombak Capai 3 Meter, Pelayaran Kapal Mudik Gratis Tertunda

Senin, 18 Juni 2018 20:01:51 WIB
Reporter : Temmy P.
Ombak Capai 3 Meter, Pelayaran Kapal Mudik Gratis Tertunda

Sumenep (beritajatim.com) - Pelayaran kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep tertunda akibat cuaca buruk.

"Semestinya hari ini merupakan pelayaran pertama setelah 3 hari kapal 'off' karena libur lebaran. Namun karena hari ini cuaca buruk, pelayaran terpaksa ditunda demi keselamatan," kata Petugas lalu lintas angkutan laut dan usaha kepelabuhanan KSOP Kalianget, Edy Sucipto, Senin (18/06/2018).

Berdasarkan informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya, ketinggian gelombang diPerairan Pulau Kangean mencapai 2,5 meter. Sedangkan tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 1,5 - 3,0 meter. Sedangkan kecepatan angin maksimum 26 knots (47 km/ jam) di Laut Jawa bagian timur.

"Kondisi cuaca laut seperti itu sangat membahayakan pelayaran. Karena itu, kami meminta agar pelayaran kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ditunda hingga cuaca membaik," ujar Edy.

Berdasarkan data di Syahbandar Kalianget, jumlah calon penumpang kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ke Pelabuhan Kalianget sebanyak 433 orang. "Jumlah itu masih dalam batas toleransi maksimal angkutan lebaran untuk kapal laut," terangnya.

Edy mengatakan, meskipun hari ini tidak ada pelayaran kapal mudik gratis, namun dipastikan tidak akan mengurangi jumlah trip pelayaran yang telah dijadwalkan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Jawa Timur sebagai penyelenggara program mudk gratis. Pelayaran kapal mudik gratis tidak akan dikurangi. Kalaupun hari ini tidak berangkat, maka akan digantikan dengan hari lain," ucapnya. (tem/kun)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>